Yuan Tiongkok Anjlok Terendah 8 Tahun, Apa Penyebabnya?

656

Mata uang Yuan Tiongkok mengabaikan penurunan dolar untuk jatuh ke level terendah delapan tahun, dengan bank-bank memangkas perkiraan mereka untuk nilai tukar Tiongkok di tengah kekhawatiran kenaikan suku bunga Federal Reserve bulan depan akan mempercepat arus keluar modal.

Mata uang jatuh ke 6,8703 terhadap dolar, terlemah sejak Desember 2008 dan melebihi estimasi median survei akhir tahun Bloomberg dari 6,8. Kekuatan dolar turun untuk hari kedua setelah membukukan reli empat hari terbesar dalam tujuh tahun setelah kemenangan mengejutkan Donald Trump dalam pemilihan presiden pekan lalu. Partai Republik telah berjanji untuk menandai Tiongkok sebagai manipulator mata uang dan kenaikan tarif di ekspor nasional.

Standard Chartered Plc Rabu bergabung setidaknya dengan empat bank lain dalam menurunkan perkiraan untuk yuan, memprediksi tingkat akhir tahun 6,9, dibandingkan dengan 6,75 sebelumnya. Kemungkinan pengetatan Fed tahun ini telah meningkat hingga 94 persen di tengah spekulasi otoritas moneter AS akan bergerak untuk membatasi inflasi sebagai pemerintahan yang dipimpin Trump meningkatkan belanja. Hal ini akan mengurangi daya tarik aset emerging market.

“Tekanan untuk melemahkan yuan bisa menjadi lebih kuat tahun depan sebagai kebijakan Trump bisa menyebabkan reli dolar dan di tengah kekhawatiran tentang hubungan perdagangan China-AS, “kata Harrison Hu, kepala ekonom Greater China di Royal Bank of Scotland Group Plc di Singapura.” Bank Rakyat Tiongkok dapat membatasi volatilitas tinggi dengan penguatan kurs tetap dan intervensi, tetapi tidak akan melakukannya kecuali arus gelombang, sebagai langkah-langkah seperti itu bisa menambah tekanan besar untuk cadangan devisa. ”

Sebuah rekor $ 44,7 miliar meninggalkan Tiongkok pada bulan September dalam pembayaran yuan, sementara persediaan valuta asing bangsa menyusut paling dalam sejak Januari bulan lalu. Pejabat Tiongkok telah mengambil serangkaian langkah untuk menyumbat celah kontrol modal, seperti rencana potensial untuk mengekang transaksi yang menggunakan mata uang digital bitcoin untuk mengambil dana dari negara. UnionPay Co akhir bulan lalu membatasi penggunaan kartu untuk membeli asuransi di Hong Kong.

HSBC Holdings Plc, UBS Group AG dan Australia & New Zealand Banking Group Ltd menurunkan proyeksi yuan mereka pada hari Selasa, memprediksi bahwa mata uang akan berakhir tahun ini di 6,9 per dolar, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya 6,8 untuk dua pemberi pinjaman pertama dan 6,75 untuk ketiga. BMI Research, sebuah unit dari Fitch Group, menurunkan perkiraan akhir tahun untuk 6,85 dari 6,8, sedangkan Norddeutsche Landesbank mengatakan telah merevisi pandangannya ke 7 dari 6,8.

Yuan jatuh 0,19 persen menjadi 6,8694 per dolar pada 13:04 di Shanghai, memperpanjang penurunan lima hari ke 1,3 persen. Mata uang Tiongkok yang diperdagangkan di pasar offshore Hong Kong melemah sebanyak 0,14 persen ke rekor rendah 6,8825.

Pihak berwenang Tiongkok memungkinkan depresiasi mata uang lebih cepat sebelum keputusan suku bunga The Fed pada bulan Desember, kepala riset ekonomi UBS Tiongkok Wang Tao menulis dalam sebuah laporan Selasa.

“Hal ini tidak mungkin bahwa pihak berwenang Tiongkok akan mempertahankan setiap tingkat tertentu,” kata Khoon Goh, kepala penelitian Asia ANZ yang berbasis di Singapura. “Ketidakpastian mengenai apakah Trump akan menandakan mata uang manipulator Tiongkok membebani yuan.”

Di pasar uang, PBOC menyuntikkan net 55 miliar yuan ($ 8 miliar) operasi pasar terbuka pada Rabu, menambahkan dana untuk hari keempat berturut-turut, data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Yield obligasi 10-tahun negara naik 1 basis poin menjadi 2,87 persen, menurut harga National Interbank Funding Center. Tingkat pembelian kembali semalam di Shanghai sedikit berubah pada 2,27 persen, sementara satu tahun swap suku bunga naik empat basis poin menjadi 2,92 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here