Ekspor Oktober Singapura Merosot

324

Ekspor Singapura turun lebih tajam dari yang diperkirakan pada bulan Oktober, terseret oleh penurunan pengiriman elektronik dan non elektronik.

Ekspor domestik non-minyak turun 12,0% pada Oktober dibandingkan dengan tahun sebelumnya, setelah jatuh 5,0% pada bulan September, demikian badan perdagangan promosi International Enterprise Singapore, melaporkan Kamis (17/11).

singapore-domestic-exports-of-non-oil-nodx-pctyoy

Dibandingkan dengan bulan sebelumnya, ekspor turun 3,7% dalam hal penyesuaian musiman, setelah berkembang 2,2% pada bulan September. Ekonom memproyeksikan ekspansi 1,5% pada bulan Oktober.

singapore-exports-of-non-oil-domestic-exports-of

Ekspor elektronik menurun 6,0% pada tahunan setelah jatuh 6,6% pada bulan September. Pengiriman non-elektronik turun 14,6%, dibandingkan dengan penurunan 4,2% pada bulan sebelumnya.

Di sektor non-elektronik, ekspor farmasi turun 47% pada bulan Oktober setelah tumbuh 16,2% pada bulan sebelumnya.

Produksi dan ekspor obat-obatan di Singapura sangat volatile karena industri didominasi oleh beberapa pabrik yang relatif besar dari hanya beberapa perusahaan. Batch produksi obat bernilai tinggi – obat kanker, misalnya – dapat menyebabkan produksi melonjak satu bulan, hanya untuk kecelakaan kemudian sebagai pabrik ditutup untuk waktu yang lama antara batch obat yang berbeda.

Pengiriman negara ke Tiongkok, tujuan terbesar ekspor, hampir datar, jatuh 0,1% dari tahun sebelumnya, dibandingkan penurunan 2,2% pada bulan sebelumnya, kata IE Singapura.

Ekspor ke Uni Eropa turun 28,6% pada tahun, membalikkan dari keuntungan 9,9% pada bulan September. Ekspor ke AS turun 3,7% setelah penurunan 7,4% bulan sebelumnya.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here