Yuan Tiongkok Anjlok Terendah 8 Tahun; Mingguan Merosot 1,2 Persen

732

Yuan menuju penurunan mingguan terbesar dalam 10 bulan, terbebani oleh kebijakan yang belum jelas dari presiden Donald Trump di tengah kekhawatiran bahwa setiap intervensi bank sentral akan memberikan lebih banyak dorongan bagi partai Republik untuk menandai Tiongkok sebagai manipulator mata uang.

Mata uang turun sebanyak 0,3 persen menjadi 6,8950 terhadap dolar Jumat, level terlemah sejak Juni 2008 dan seterusnya akhir tahun estimasi median survei Bloomberg dari 6,8. Yang memanjangkan penurunan dalam lima hari terakhir menjadi 1,2 persen, terbesar sejak pengambil kebijakan mengguncang pasar global dengan menetapkan serangkaian bahan perhiasan yuan tak terduga pada bulan Januari bahwa investor melihat sebagai pasar-campur tangan.

Bank Rakyat Tiongkok telah memungkinkan yuan melemah dengan memotong suku bunga acuannya setiap hari selama 11 hari terakhir, terendah terpanjang dalam data yang akan kembali ke Juni 2005. Hal ini berbeda dengan periode Agustus-September, ketika pembuat kebijakan yang diduga menopang mata uang sebelum masuknya ke Dana Moneter Internasional sebagai mata uang cadangan. Situasi telah berubah sekarang, dengan kemenangan Trump dan Federal Reserve di ambang menaikkan suku bunga.

Sementara yuan telah menguat 0,9 persen terhadap indeks perdagangan-tertimbang 13-mata karena kemenangan Trump, Goldman Sachs Group Inc memperingatkan bahwa investor lebih terfokus pada gerakan terhadap greenback. Sebuah ukuran kekuatan dolar membukukan terbesar reli empat hari dalam tujuh tahun setelah kemenangan dengan Trump, yang telah berjanji untuk menandai Tiongkok sebagai manipulator mata uang dan tamparan di ekspor nasional. Kemungkinan pengetatan Fed tahun ini sekarang di 96 persen, dengan Ketua Fed Janet Yellen mensinyalkan kenaikan suku bunga bisa menjadi dekat.

Yuan diperdagangkan turun 0,24 persen pada 6,8882 per dolar AS pada 5:30 di Shanghai, menurut harga  China Foreign Exchange Trade System. Mata uang melihat gelombang tiba-tiba sebelum 16:30, yang digunakan sebagai faktor untuk mengatur penetapan hari berikutnya. Yuan offshore turun sebanyak 0,12 persen ke rekor rendah 6,9125.

Mata uang Tiongkok akan melemah ke 7 tahun terendah terhadap greenback – tingkat terlihat sejak sebelum krisis keuangan global – pada semester pertama tahun depan, menurut 14 dari 16 analis dan pedagang yang disurvei oleh Bloomberg pekan ini. Sepuluh mengatakan para pembuat kebijakan mungkin menahan diri dari menopang yuan, dengan Royal Bank of Scotland Group Plc mengutip menyusutnya cadangan devisa negara. Mizuho Securities Asia Ltd mengatakan tingkat bisa dilanggar tahun ini, sementara Oversea-Chinese Banking Corp melihatnya terjadi mungkin pada bulan Januari.

Sebuah rekor dana $ 44,7 miliar meninggalkan Tiongkok pada bulan September pembayaran yuan, sementara cadangan valuta asing bangsa menyusut bulan lalu oleh yang paling dalam sejak Januari. Pejabat Tiongkok telah mengambil serangkaian langkah untuk kontrol modal, seperti rencana potensial untuk mengekang transaksi yang menggunakan mata uang digital bitcoin untuk mengambil dana dari negara.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here