Pertumbuhan Bisnis November Zona Eropa Naik Tertinggi 11 Bulan

489

Indeks Markit PMI untuk sektor manufaktur November Jerman menguat ke level tertinggi 37-bulan pada 53,7 dari 53,5 dan berada di atas perkiraan konsensus pada 53,3. Demikian rilis dari Markit Economics, Rabu (23/11).

euro-area-manufacturing-pmi

Indeks sektor jasa juga diperkuat secara signifikan menjadi 54,1 dari 52,8, yang merupakan angka tertinggi selama 11 bulan dan juga jauh di atas perkiraan konsensus 53,2.

euro-area-services-pmi

Oleh karena itu, Indeks komposit produksi secara keseluruhan, mampu menguat ke 54,1 dari 53,3, juga pembacaan terkuat selama 11 bulan.

euro-area-composite-pmi

Pesanan yang terdaftar merupakan tingkat pertumbuhan terkuat selama 11 bulan, mempercepat untuk bulan ketiga berturut-turut, sementara pesanan backlogs meningkat di laju tercepat sejak Mei 2011. Peningkatan dalam rangka backlog akan membantu mendukung kepercayaan jangka dekat dan harus mendukung pertumbuhan proiduksi selama beberapa bulan ke depan.

Kerja juga meningkat lebih lanjut untuk bulan dengan kecepatan tertinggi penciptaan lapangan kerja sejak Februari 2008.

Biaya input rata-rata meningkat di laju tercepat selama 18 bulan, dengan kecepatan yang lebih cepat di bidang manufaktur dan harga yang dibebankan oleh perusahaan meningkat di laju tercepat sejak Agustus 2011, meskipun kenaikan itu masih relatif kecil.

Meskipun keuntungan yang dipimpin oleh Jerman, ada juga perbaikan pembacaan keseluruhan untuk ekonomi Perancis dan ekonomi mampu membuat kemajuan pada bulanan.

Data keseluruhan akan mempertahankan harapan dari perbaikan keseluruhan bertahap dalam kondisi pertumbuhan dan harga yang akan meningkatkan spekulasi bahwa tekanan pada harga secara bertahap berkurang.

Ini akan menawarkan jaminan kepada ECB bahwa efek putaran kedua dari inflasi yang rendah cenderung untuk dilihat dan ada kemungkinan menjadi meningkatkan sedikit prakiraan inflasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here