Pertumbuhan Sektor Jasa Jerman November Naik Tertinggi 6 Bulan, Manufaktur Terendah 2 Bulan

457

Indeks sektor jasa PMI Jerman terus pulih untuk bulan November dengan peningkatan ke level tertinggi enam bulan pada 55,0 dari 54,2 pada bulan Oktober.

Ini adalah pembacaan terkuat selama enam bulan dan juga di atas ekspektasi konsensus 54,2, demikian rilis dari Markit Economics, Rabu (23/11).

germany-services-pmi

Sebaliknya, indeks manufaktur turun ke level terendah 2-bulan pada 54,4 dari 55,0 dan sedikit lebih rendah dari perkiraan konsensus 54,8. Oleh karena itu, Indeks komposit keseluruhan, sedikit lebih rendah dari yang diharapkan 54,9 dari 55,1, meskipun masih dekat dengan tertinggi 10-bulan.

germany-manufacturing-pmi

Ada peningkatan yang mantap dalam bisnis baru dengan peningkatan yang kuat dalam permintaan luar negeri dengan sektor manufaktur menunjukkan peningkatan tajam dalam pesanan ekspor baru untuk bulanan. Optimisme pelaku usaha di sektor jasa juga meningkat ke level tertinggi dalam tujuh bulan.

Terjadi peningkatan lebih lanjut dalam biaya input dengan tingkat inflasi pada level tertinggi sejak Maret 2012 lalu ada sedikit peningkatan harga produksi untuk bulan kedua berturut-turut dan kenaikan harga akan sedikit mengurangi tekanan untuk kebijakan moneter yang sangat akomodatif.

Data akan mempertahankan ekspektasi kinerja PDB kuartal keempat lebih kuat dan kinerja sektor jasa yang lebih sesuai dengan harapan memberikan dukungan kebijakan moneter.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here