Optimisme Konsumen November AS Meningkat Terbantu Pemilihan Presiden

463

Sikap konsumen AS tentang ekonomi naik ke tingkat yang lebih baik dari perkiraan bulan ini, didorong oleh pemilihan presiden, menurut salah satu survei.

Indeks Sentimen Konsumen mencapai 93.8 dalam pembacaan akhir bulan November, Universitas Michigan, Rabu (23/11). Para ekonom memperkirakan Indeks Sentimen Konsumen Universitas Michigan untuk mencapai 91,6 bulan November, naik dari 87,2 dalam pembacaan akhir bulan Oktober, menurut perkiraan konsensus Thomson Reuters.

united-states-consumer-confidence

Survei bulanan 500 konsumen terhadap topik seperti keuangan pribadi, inflasi, pengangguran, kebijakan pemerintah dan suku bunga.

Richard Curtin, kepala ekonom survei, yang disebut hasil “presidential honeymoon” setelah kemenangan kandidat Partai Republik Donald Trump.

“Reaksi awal dari konsumen untuk kemenangan Trump adalah untuk mengungkapkan optimisme yang lebih besar tentang keuangan pribadi mereka serta meningkatkan prospek ekonomi nasional,” kata Curtin dalam sebuah pernyataan. “Meningkatnya prospek ekonomi yang menguntungkan ini tidak mengherankan mengingat pandangan kebijakan populis Trump, dan itu mungkin dibesar-besarkan oleh apa yang paling dianggap kemenangan mengejutkan serta oleh rasa meluas lega bahwa pemilu akhirnya berakhir.”

Tapi Curtin mengatakan bahwa kebijakan ekonomi ditata dalam 100 hari pertama kepresidenan Trump memiliki kekuatan untuk mendukung atau meredam ledakan optimisme konsumen.

“Yang pasti, tidak ada lonjakan ekspektasi ekonomi yang lama dapat dipertahankan tanpa perbaikan yang sebenarnya dalam kondisi ekonomi,” kata Curtin.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here