Penjualan Rumah Baru Oktober AS Turun Tak Terduga

440

Penjualan rumah baru keluarga tunggal AS turun tak terduga pada bulan Oktober, tapi ini mungkin kemunduran sementara untuk pasar perumahan baru dengan latar belakang pasar tenaga kerja yang kuat.

Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Rabu (24/11) penjualan rumah baru turun 1,9 persen ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 563.000 unit bulan lalu.

Laju penjualan September yang direvisi turun ke 574.000 unit dari 593.000 unit yang dilaporkan sebelumnya.

united-states-new-home-sales

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan penjualan rumah keluarga tunggal, yang mencapai sekitar 9,1 persen dari penjualan rumah secara keseluruhan, stabil bulan lalu.

Penjualan rumah baru, yang berasal dari izin bangunan, yang tidak stabil secara bulan ke bulan dan tunduk pada revisi besar. Penjualan meningkat 17,8 persen dari tahun lalu.

Sebuah laporan pada hari Selasa menunjukkan penjualan rumah yang sebelumnya dimiliki naik ke tertinggi lebih dari 9,5 tahun pada bulan Oktober. Permintaan perumahan yang didorong oleh kenaikan upah karena pasar tenaga kerja mendekati full employment.

Penjualan rumah bisa mendapatkan dorongan dalam jangka dekat dari lonjakan baru-baru ini di tingkat hipotek, yang bisa melihat pembeli bergegas ke pasar untuk mengantisipasi kenaikan lebih lanjut dalam biaya pinjaman.

Menurut data dari perusahaan pembiayaan hipotek Freddie Mac, suku bunga KPR 30 tahun telah meningkat hampir 40 basis poin menjadi hampir 4 persen setelah pemilu awal bulan ini dari kandidat Partai Republik Donald Trump sebagai presiden berikutnya.

Investor khawatir bahwa usulan Program belanja publik besar-besaran dapat memicu inflasi telah menyebabkan lonjakan yield obligasi pemerintah AS, yang berkaitan erat dengan tingkat hipotek.

Penjualan rumah baru keluarga tunggal turun di Northeast, Midwest dan Selatan bulan lalu. Mereka naik 8,8 persen di Barat.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here