Penjualan Ritel Jepang Negatif Dalam 8 Bulan Berturut

533
indeks nikkei
Photo by Vibizmedia

Penjualan ritel Jepang turun untuk bulan kedelapan berjalan di bulan Oktober, meskipun kejatuhan itu jauh lebih kecil dari yang diperkirakan pada tanda ekonomi sedang membuat langkah positif pada kuartal keempat.

Penjualan ritel jatuh pada tahunan 0,1% bulan lalu, menyusul penurunan 1,7% pada bulan September, Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri melaporkan Selasa (29/11). Perkiraan median ekonom memperkirakan 1,5% tahun-ke tahun penurunan.

japan-retail-sales-annual

Penjualan ritel saat ini telah menurun dalam 11 dari 12 bulan terakhir.

Dalam laporan terpisah pada hari Selasa Biro Statistik Nasional mengatakan belanja rumah tangga secara keseluruhan menurun 0,4% dalam 12 bulan sampai Oktober, menyusul penurunan 2,1% pada bulan sebelumnya. Itu juga merupakan penurunan kedelapan bulan berturut-turut.

Konsumsi swasta, yang mewakili sekitar 60% dari produk domestik bruto (PDB), diperluas hanya 0,1% pada kuartal ketiga, sebuah laporan pemerintah mengungkapkan awal bulan ini. Yang tidak berubah dari bulan April-Juni. Hal ini juga menunjuk momentum yang mendasari lemah meskipun ekonomi berkembang di jauh lebih cepat dari yang diharapkan 2,2% per tahun pada kuartal ketiga.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here