Ekspor dan Surplus Perdagangan November Korea Selatan Meningkat

496

Ekspor Korea Selatan naik 2,7 persen pada November dari tahun sebelumnya pada penjualan luar negeri cepat semikonduktor, demikian laporan pemerintah Korea Selatan pada Kamis (01/12).

Pengiriman Outbound datang ke $ 45.5 miliar bulan lalu, naik dari $ 44.3 miliar dihitung setahun sebelumnya, menurut Departemen Perdagangan, Industri dan Energi.

south-korea-exports

Ini kembali ke hasil positif dalam tiga bulan menyusul kenaikan 2,6 persen pada bulan Agustus yang mengalahkan rekor 19 bulan berturut pertumbuhan negatif yang dimulai pada Januari 2015.

Angka November juga menandai volume bulanan terbesar sejak Juli 2015.

Impor juga naik 10,1 persen pada tahun $ 37,5 miliar pada November.

Surplus perdagangan November meningkat menjadi $ 8 miliar menandai 58 bulan berturut-turut surplus.

south-korea-balance-of-trade

Kementerian perdagangan mengatakan kemajuan yang didorong oleh kenaikan ekspor barang industri kunci seperti keripik, baja dan mesin, mengimbangi penurunan tajam dalam kapal.

Ekspor semikonduktor melonjak 11,6 persen pada tahun untuk $ 5.79 miliar pada bulan November, memperluas dari 1,7 persen laba tahun pada bulan sebelumnya, di belakang meningkatnya permintaan untuk chip mobile.

Ekspor mesin melonjak 19,3 persen pada tahun bulan lalu, menandai pertama pertumbuhan dua digit dalam 23 bulan, sementara penjualan di luar negeri produk baja Korea Selatan buatan juga melonjak 10,8 persen dari tahun sebelumnya.

Pengiriman Outbound mobil naik tipis 1,5 persen bulan lalu untuk mengakhiri kekalahan beruntun 17 bulan. Industri automaking lokal telah mengalami kontraksi permintaan global dan pemogokan parsial pada pembuat mobil utama, termasuk pemimpin industri Hyundai Motor Co

Sektor galangan kapal membukukan penurunan 36,8 persen dalam ekspor November, penurunan tajam dari keuntungan 50 persen bulan sebelumnya.

Ekspor perangkat nirkabel, termasuk ponsel, juga mundur 17,9 persen pada tahun bulan lalu setelah terjun 28,1 persen pada Oktober, setelah terjadinya penghentian produksi Samsung Electronics Co Galaxy Note 7.

Menurut negara, ekspor Korea Selatan ke Tiongkok naik 0,4 persen pada tahun untuk mencapai satu tahun tinggi $ 11.7 miliar, mengalahkan 17 bulan negatif yang dimulai pada Juni 2015. Tiongkok adalah mitra dagang terbesar Korea Selatan.

Pengiriman ke Amerika Serikat, mitra dagang terbesar kedua di negara itu, juga menguat 3,9 persen bulan lalu untuk memasukkan angka positif untuk pertama kalinya dalam enam bulan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here