Pertumbuhan Manufaktur dan Jasa Tiongkok November Meningkat Tertinggi 2 Tahun

249

Aktivitas di sektor manufaktur Tiongkok tumbuh lebih dari yang diperkirakan pada bulan November, berkembang pada kecepatan yang terkuat dalam lebih dari dua tahun.

Indeks manufaktur Pembelian Manajer resmi ‘(PMI) berdiri di 51,7 pada bulan November, percepatan dari sebelumnya bulan 51,2 dan di atas batas 50 poin yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi secara bulanan.

china-business-confidence

Pembacaan November berada di atas prediksi jajak pendapat Reuters untuk 51,0 dan naik tinggi sebelumnya pada bulan Juli 2014, ketika itu juga berdiri di 51,7. Terakhir kali China PMI lebih tinggi pada bulan April 2012 ketika itu 53,3.

Setelah awal yang sulit tahun ke tahun, sektor manufaktur Tiongkok telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, didukung oleh upaya pemerintah membangun infrastruktur dan lonjakan perumahan.

Sebuah lonjakan harga komoditas juga mendorong keuntungan bagi perusahaan yang menjual bahan bangunan dari semen baja, meskipun harga berjangka telah jatuh minggu ini karena bursa komoditas utama mengambil langkah lebih lanjut untuk mengendalikan reli panjang spektakuler.

Perekonomian Tiongkok tumbuh pada kecepatan tetap 6,7 persen pada kuartal ketiga dan tampaknya akan mencapai target setahun penuh Beijing sebesar 6,5 hingga 7 persen, didorong oleh belanja pemerintah yang lebih kuat, pinjaman catatan bank dan pasar properti yang tinggi yang menambah tumbuh tumpukan utang.

Produksi pabrik dipercepat pada bulan November, dengan sub-indeks naik ke 53,9 dari 53,3.

Total pesanan baru melihat bulan lagi perbaikan yang solid pada bulan November, naik menjadi 53,2 dari bulan Oktober 52,8.

Pesanan ekspor baru juga meningkat dan mencapai setidaknya 12 bulan dari 50,3, meskipun mereka masih hampir di wilayah ekspansi. Setiap kenaikan permintaan eksternal akan menjadi tanda terbuka bagi sektor pabrik besar Tiongkok.

Pekerjaan yang kembali kehilangan, dengan sub-indeks kerja duduk di 49,2, dibandingkan dengan 48,8 pada bulan Oktober, sebagai negara berjanji untuk memotong kelebihan kapasitas lebih dari berbagai industri.

Sebuah sub-indeks untuk perusahaan-perusahaan kecil turun, sedangkan kinerja untuk perusahaan besar meningkat, tanda bahwa ketergantungan pemerintah pada perusahaan negara besar untuk pertumbuhan tahun ini tidak berubah.

Pembacaan terpisah pada sektor jasa juga menunjukkan laju pertumbuhan dipercepat pada November dari bulan sebelumnya.

Indeks resmi non-manufaktur Purchasing Managers ‘(PMI) berdiri di 54,7 pada bulan November, pembacaan terkuat sejak Juni 2014.

china-business-confidence china-non-manufacturing-pmi

Itu dibandingkan dengan pembacaan bulan sebelumnya sebesar 54,0 dan tetap jauh di atas batas 50 poin yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi secara bulanan.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here