Defisit Perdagangan Oktober AS Melebar Terbesar 4 Bulan

717

Defisit perdagangan barang dan jasa AS untuk Oktober melebar ke $ 42.6 miliar dari revisi $ 36.2 miliar untuk September, yang awalnya dilaporkan sebagai kekurangan $ 36.4 miliar. Defisit ini merupakan yang terbesar selama empat bulan dan lebih tinggi dari perkiraan konsensus $ 41.7 miliar.

Ada peningkatan yang signifikan dalam defisit barang ke $ 63.4 miliar dari $ 57.3 miliar, sementara ada penurunan marjinal di surplus sektor jasa untuk $ 20.8 miliar.

united-states-balance-of-trade

Selama delapan bulan pertama 2016, defisit keseluruhan turun 2,1% dari periode 2015 yang sama untuk $ 409 miliar dengan ekspor menurun 3,1%, sedangkan impor turun 2,9%.

Setelah dua bulan keuntungan, ekspor turun kembali ke tingkat Juli. Terjadi penurunan dari $ 1.4 juta dalam ekspor makanan dengan ekspor jagung dan kedelai jatuh secara signifikan, sementara ada juga penurunan ekspor pasokan industri.

Ada peningkatan ekspor barang konsumsi dari $ 2.4 miliar dengan impor barang modal meningkat $ 1,1 miliar. Dengan ekspor barang modal juga naik, akan ada optimisme seputar tren investasi domestik dan internasional.

Defisit sedikit lebih tinggi dari yang diperkirakan akan menyebabkan penurunan sedikit tingkat perkiraan GDP Q4 dengan perdagangan menjadi kontributor negatif terhadap PDB, meskipun dampak keseluruhan terbatas.

Juga akan ada beberapa kekhawatiran baru seputar prospek ekspor, terutama karena ada beberapa kerentanan sebelum lonjakan dolar menyusul pemilu AS. Federal Reserve akan peka terhadap isu daya saing dan akan ada beberapa kekhawatiran seputar dampak dolar pada ekspor.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here