Produksi Industri Oktober Jerman Naik Dibawah Perkiraan

436

Produksi industri Jerman naik kurang dari perkiraan analis pada bulan Oktober, menandakan bahwa ekonomi terbesar Eropa ini mengambil awal yang lambat untuk kuartal terakhir tahun ini.

Produksi industri naik 0,3 persen, lebih tinggi dari kontraksi 1,6 persen dari bulan sebelumnya, demikian data dari Kementerian Ekonomi di Berlin menunjukkan pada hari Rabu (07/12). Pembacaan, yang biasanya volatile, membandingkan dengan perkiraan median untuk peningkatan 0,8 persen dalam survei Bloomberg. Produksi naik 1,2 persen dari tahun sebelumnya.

germany-industrial-production-mom

Setelah perlambatan pada kuartal ketiga, Bundesbank memperkirakan ekspansi ekonomi yang cukup besar dalam tiga bulan terakhir 2016. Dengan kepercayaan bisnis di Jerman pada tingkat tertinggi dalam lebih dari dua tahun dan sedikit meningkatnya proyeksi pertumbuhan global, Kementerian Ekonomi mengatakan kebangkitan momentum dalam produksi industri dapat diharapkan.

Produksi tersebut ditopang oleh kenaikan 1,7 persen dalam konstruksi pada bulan Oktober, menurut data. Manufaktur naik 0,1 persen, dengan produksi barang investasi naik 0,5 persen.

Data hari ini datang di belakang laporan Selasa menunjukkan pesanan pabrik melambung paling dalam lebih dari dua tahun pada bulan Oktober. Lonjakan itu didorong oleh permintaan barang investasi dan melihat kedua pesanan domestik dan luar negeri meningkat.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here