Defisit Perdagangan Australia Oktober Melebar

379

Defisit perdagangan Australia memburuk pada bulan Oktober. Setelah penyesuaian musiman, defisit perdagangan Canberra berdiri di A $ 1,54 miliar pada bulan Oktober, naik dari revisi $ 1,27 miliar bulan sebelumnya, demikian rilis biro statistik nasional dalam sebuah laporan pada hari Kamis. Estimasi Ekonom defisit menyusut ke ke $ 720 juta.

Ekspor barang dan jasa naik 1% menjadi $ 27,63 miliar, setelah naik 2% pada bulan sebelumnya. Di sisi lain dari buku besar, impor dipercepat 2% menjadi $ 29,17 miliar, menyusul penurunan 1% pada bulan September.

australia-balance-of-trade

Perdagangan telah menjadi hambatan pada produk domestik bruto (PDB) sepanjang tahun dan memberikan kontribusi untuk kontraksi ekonomi pertama Australia sejak 2011. GDP turun 0,5% dalam tiga bulan hingga September, menyusul peningkatan direvisi naik 0,6% kuartal sebelumnya, pemerintah federal melaporkan Rabu. Perdagangan mempengaruhi 0,2 persentase poin dari pertumbuhan ekonomi. Ini mengambil jumlah yang sama pada bulan April-Juni.

Sementara dari segi perdagangan Australia telah didukung oleh rebound harga komoditas, harga ekspor tetap jauh di bawah tingkat yang terlihat dalam beberapa tahun terakhir. Para pembuat kebijakan di Reserve Bank of Australia (RBA) telah mencatat bahwa pelemahan komoditas telah diimbangi dengan mata uang lokal lebih kompetitif. Dolar Australia telah menurun tajam terhadap mitra AS selama lima tahun terakhir.

RBA mempertahankan status quo awal pekan ini dengan meninggalkan suku bunga tidak berubah untuk bulan keempat berturut-turut.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here