Laju IHSG Kamis 8 Desember Didorong Kuat 9 Saham Unggulan

570

Indeks Harga Saham Gabungan pada penutupan perdagangan hari Kamis (8/12) berakhir rebound 0,7 persen pada 5303.73 yang mendapat dukungan kuat bargain hunting investor lokal oleh sentimen penguatan rupiah. Sepanjang hari asing kembali lakukan tekanan jual hingga mencetak net sell  Rp464 miliar.

Indeks LQ 45 juga berhasil naik  hingga 1 persen pada 890. Penguatan  IHSG sepanjang hari mendapat dukungan kuat dari 8 sektor yang masuk zona hijau dan cetak rebound, yang dipimpin oleh sektor  infrastruktur dan properti dengan penguatan 1,62% dan 1,59% masing-masing. Saham unggulan yang memberikan tenaga bullish bagi kedua sektor yaitu saham EXCL, TBIG, TLKM, PGAS, JSMR, ADHI, WIKA, ASRI dan PTPP.

Untuk jumlah saham yang diperdagangkan sepanjang hari sebanyak 18 miliar lot dengan valuasi sebesar Rp8,3 triliun dan frekwensi sebanyak 336912 kali. Saham yang berhasil menghijau perdagangan hari ini sebanyak 135 saham dan 122 saham yang masuk zona merah.

Lihat : IHSG 8 Desember Sesi 1 Naik Terdukung Penguatan Rupiah

Untuk sektor yang masuk zona merah hanya 2 yaitu sektor agri dan tambang dengan persentase pelemahan masing-masing 0,41% dan 1,42%. Saham-saham unggulan yang memberikan tekanan pada kedua sektor tersebut saham INCO, ADRO, PTBA, ANTM, LSIP dan AALI. Saham unggulan yang menguat di 2 sektor ini hanya saham ITMG. Sentimen yang melemah kedua sektor ini akibat anjloknya harga minyak mentah yang menekan harga komoditas CPO dan batubara.


Lens Hue/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here