Bank Sentral Eropa Pertahankan Suku Bunga, Program Pembelian Obligasi Dikurangi Mulai April 2017

576

Setelah pertemuan terbaru Dewan, Bank Sentra Eropa (ECB) mengumumkan bahwa pembelian aset akan terus dilakukan pada 80 miliar euro saat ini hingga Maret 2017. Dewan juga menyatakan bahwa pembelian aset kemudian akan dlanjutkan namun diturunkan menjadi 60 miliar euro dari April 2017 hingga Desember 2017.

Program ini akan diperluas setelah Desember 2017 jika diperlukan sampai ECB melihat kemajuan yang berkelanjutan dengan inflasi konsisten dan sesuai tujuan inflasi.

Sementara itu, Dewan akan menyesuaikan program yang lebih tinggi lagi atau durasi diperpanjang jika proyeksi menjadi kurang menguntungkan lagi.

Pasar sebelumnya telah memperkirakan bahwa ECB akan terus melanjutkan pembelian obligasi pada tingkat 80 miliar euro sampai akhir 2017.

Suku bunga utama tidak berubah. Suku bunga deposito diadakan di -0,40% dengan tingkat refinancing utama di 0,0% dan fasilitas pinjaman marjinal sebesar 0,25%. Tingkat telah berubah sejak pertemuan Maret 2016 dan tidak ada harapan bahwa tingkat akan diubah pada pertemuan ini.

ECB juga mengumumkan bahwa mereka akan mengubah parameter dari beberapa pembelian aset dan perubahan teknis akan dikomunikasikan dalam konferensi pers. Langkah-langkah akan diumumkan untuk meringankan kekurangan obligasi tersedia untuk dibeli.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here