Bursa Eropa Melonjak Tinggi Setelah Keputusan ECB

480

Pasar Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan hari Kamis (08/12) setelah Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi mengumumkan perpanjangan program pembelian obligasi, tetapi pada pembelian bulanan yang lebih kecil. Hal ini dilihat investor sebagai sebuah langkah tanda pertama bahwa bank adalah bersiap-siap untuk mengurangi pembelian obligasi.

Indeks FTSE berakhir pada 6.931,55, naik 29,32 poin atau 0,42%

Indeks DAX berakhir pada 11.179,42, naik 192,73 poin atau 1,75%

Indeks CAC berakhir pada 4.735,48, naik 40,76 poin atau 0,87%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 9.145,40, naik 185.00 poin atau 2,06%

Indeks Euro Stoxx 600 pan-Eropa bergerak turun segera setelah pengumuman tetapi bangkit kembali dan berakhir naik 1,23 persen.

ECB secara mengejutkan memutuskan untuk melanjutkan program pelonggaran kuantitatif (QE) pada kecepatan bulanan saat 80 miliar euro ($ 86410000000) sampai akhir Maret 2017. Namun, mengumumkan memperluas stimulus moneter selama sembilan bulan berikutnya di pembelian bulanan yang lebih kecil.

Dari April 2017, pembelian bulanan akan berkurang menjadi € 60000000000 sampai akhir Desember 2017. ECB mengatakan kemudian akan menilai apakah QE akan perlu diperpanjang.

Saham perbankan melonjak lebih dari 2 persen pada berita dan ditutup antara penampil terbaik dengan semua sektor lainnya juga ditutup di wilayah positif.

ECB memutuskan untuk mempertahankan deposito dan fasilitas pinjaman marjinal tarif tidak berubah.

Presiden Draghi mengatakan bahwa pertumbuhan di zona euro melonjak 0,3 persen pada kuartal ketiga tahun ini dan bahwa ekonomi harus terus tumbuh pada kuartal terakhir tahun ini. Dia menambahkan bahwa inflasi harus memilih hingga 1,3 persen pada tahun 2017 dari 0,2 persen pada tahun 2016.

Pemerintah Italia telah meminta lebih banyak waktu dari ECB untuk memperbaiki masalah pemberi pinjaman terbesar ketiga itu yaitu Banca Monte Dei Paschi di Siena, menurut Financial Times. Bank menjelaskan dalam surat kepada ECB bahwa ketidakstabilan politik saat ini telah membuat sangat sulit untuk melanjutkan proses rekapitalisasi, menurut laporan tersebut. Sahamnya naik 2,1 persen pada hari Kamis.

Draghi mengatakan hari Kamis bahwa kerentanan dari Monte Dei Paschi serta sistem perbankan Italia secara keseluruhan akan diselesaikan oleh pemerintah negara itu.

Sektor sumber daya dasar ditutup di antara sektor berkinerja terbaik, naik lebih dari 2,2 persen. Harga logam yang lebih tinggi pada Kamis pagi membantu saham pertambangan bersama data perdagangan positif dari China semalam.

Rusia mengatakan bahwa konsorsium Glencore dan Qatar mengakuisisi saham 19,5 persen di perusahaan top yang dikendalikan negara minyak, Rosneft, dalam sebuah kesepakatan senilai $ 11300000000.

Saham di sektor minyak dan gas turun lebih dari 0,1 persen karena investor memendam keraguan apakah non-OPEC dan anggota OPEC akan mencapai akhir kesepakatan pembatasan produksi pada pertemuan akhir pekan lalu. Namun, sektor ini pulih untuk menutup 0,58 persen lebih tinggi.

Saham Sports Direct berakhir turun lebih dari 7,7 persen pada hari Kamis setelah perusahaan melaporkan hasil yang mengecewakan untuk semester pertama 2016.

Juga turun pada Kamis Ladbrokes dan William Hill, dengan saham yang terakhir menutup lebih dari 6 persen lebih rendah. Sekelompok anggota parlemen U.K. menyajikan pada Kamis aturan ketat pada mesin taruhan.

Saham Kapita anjlok pada hari Kamis setelah kelompok Outsourcing mengumumkan peringatan laba kedua dalam waktu kurang dari tiga bulan. Perusahaan melaporkan sekarang harus mulai menjual beberapa aset dan saham telah merosot lebih dari 13 persen pada penutupan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati data perdagangan Inggris Raya dan Jerman yang akan dirilis sore nanti. Juga akan mencermati data inflasi Tiongkok serta pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here