Bursa Seoul 9 Desember Berakhir Lemah Dengan Pemakzulan Presiden Park; Mingguan Menanjak 2,7 Persen

361
Photo by Vibizmedia

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan akhir pekan Jumat (09/12), indeks Kospi berakhir turun -0,31 persen atau -6,38 poin pada 2024.69. Bursa saham Korea Selatan melemah setelah parlemen Korea Selatan memakzulkan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye.

Anggota parlemen Korea Selatan pada Jumat (09/12) dengan suara mayoritas memakzulkan Presiden Park Geun-hye akibat skandal menjajakan pengaruh, mencatatkan pemimpin terpilih pertama negara itu yang dimakzulkan karena kolusi.

Anggota parlemen dengan 234 mendukung pemakzulan dan 56 menentang, berarti puluhan anggota Partai Saenuri konservatif Park sendiri mendukung gerakan untuk memakzulkan Park. Setidaknya 200 dari 300 kursi yang diperlukan untuk meloloskan dapat pemakzulan tersebut .

Lihat : Presiden Korea Selatan Dimakzulkan, Ekonomi Tertekan

Setelah desakan parlemen untuk impeachment ini, masih akan ditentukan lagi oleh keputusan Mahkamah Konstitusi. Ada kemungkinan bahwa ketidakpastian politik akan terus berlanjut.

Saham kapital besar berakhir mixed. Saham Samsung Electronics kehilangan 0,56 persen, saham Hyundai Motor naik 1,41 persen, saham pembuat chip global SK hynix turun 1,62 persen, saham perusahaan baja besar, POSCO tidak berubah, saham Korea Electric Power Corp naik 3,61 persen, saham Hyundai Heavy Industries, raksasa galangan kapal, mencelupkan 0,97 persen.

Mata uang lokal ditutup pada 1,165.90 won terhadap dolar AS, turun 7,40 won dari sesi sebelumnya.

Sedangkan untuk indeks Kospi berjangka terpantau turun -0,40 poin atau -0,15 persen pada 257,80, turun dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya pada 258,20.

Secara mingguan bursa Seoul meningkat 2,74 persen, sebagian besar terdukung kinerja positif saham Samsung yang mencapai rekor tertinggi dan aksi beli saham asing dan lembaga.

Malam nanti akan dirilis data Michigan Consumer Sentiment Desember yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Seoul akan bergerak positif jika bursa Wall Street positif malam nanti. Namun perlu dicermati perkembangan politik dalam negeri terkait pemakzulan Presiden Park. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 254.95-251.94 dan kisaran Resistance 260.80-263.25.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here