Harga Batubara Rotterdam Melompat Hampir 6 Persen Terdukung Kenaikan Minyak

362

Pada akhir perdagangan Jumat dini hari (09/12), harga batubara Rotterdam naik terdorong lonjakan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah rebound dari posisi terendah minggu ini pada akhir perdagangan Jumat dinihari (09/12), ditutup di atas $ 50 per barel karena pasar fokus pada pertemuan akhir pekan mendatang antara OPEC dan produsen non-OPEC yang dapat memperkuat kesepakatan untuk memangkas produksi minyak mentah lebih lanjut.

Harga minyak mentah berjangka AS WTI naik $ 1,07, atau 2,2 persen, pada $ 50,84 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 94 sen, atau 1,8 persen, pada $ 53,94 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Naik 2 Persen Terdukung Optimisme Pertemuan OPEC Akhir PekanH

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak Januari 2016 berada di posisi 73,00 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 4,00 dollar atau setara dengan 5,80 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Malam nanti akan dirilis data Michigan Consumer Sentiment Desember AS yang diindikasikan meningkat dari hasil sebelumnya. Jika hasil ini terealisir, akan menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah tertekan penguatan dollar AS. Harga batubara berjangka berpotensi menguji level Support pada posisi 72,50 dollar dan Support kedua di level 72,00 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan diuji jika terjadi kenaikan harga ada pada posisi 73,50 dollar dan 74,00 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here