Harga Timah 9 Desember Stabil Mencerna Keputusan Kebijakan ECB

433

Harga timah di bursa Malaysia stabil pada perdagangan Jumat (09/12). Stabilnya harga timah dengan investor mencerna hasil pertemuan Bank Sentral Eropa.

Setelah pertemuan terbaru Dewan, Bank Sentra Eropa (ECB) mengumumkan bahwa pembelian aset akan terus dilakukan pada 80 miliar euro saat ini hingga Maret 2017. Dewan juga menyatakan bahwa pembelian aset kemudian akan dlanjutkan namun diturunkan menjadi 60 miliar euro dari April 2017 hingga Desember 2017.

Program ini akan diperluas setelah Desember 2017 jika diperlukan sampai ECB melihat kemajuan yang berkelanjutan dengan inflasi konsisten dan sesuai tujuan inflasi.

Lihat : Bank Sentral Eropa Pertahankan Suku Bunga, Program Pembelian Obligasi Dikurangi Mulai April 2017

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau stabil hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 21.050 dollar per ton, sama dengan penutupan sebelumnya pada akhir pekan di 21.050.

Malam nanti akan dirilis data Michigan Consumer Sentiment Desember AS yang diindikasikan meningkat dari hasil sebelumnya. Jika hasil ini terealisir, akan menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya akan bergerak lemah dengan penguatan dollar AS. Harga akan menghadapi level Support di posisi 20.950 dollar dan 20.750 dollar. Akan tetapi jika terjadi kenaikan, harga timah akan menghadapi level Resistance di 21.250 dollar dan 21.450 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here