Saham PTBA Bangkit Kembali Oleh Kenaikan Harga Batubara

275

Pergerakan saham PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) di tengah tekanan jual pada IHSG pada perdagangan sesi pertama hari Jumat (9/12), berhasil rebound kuat merespon kenaikan harga minyak mentah dunia yang mengangkat harga batubara. Selama 2 hari berturut sebelumnya saham PTBA tertekan oleh anjloknya harga batubara.

Selain itu laju saham PTBA mendapat tenaga dari penetapan capex 2017 yang lebih tinggi dari tahun 2016. Sepanjang tahun ini PTBA sebelumnya targetkan capex sebesar Rp3,68 triliun dan untuk 2017 diangkat ke Rp5,8 triliun.

Untuk pergerakan sahamnya di lantai perdagangan bursa saham hari Jumat (9/12), saham PTBA dibuka kuat  pada posisi 12750 dengan  kenaikan diatas 1 persen setelah sebelumnya berada di posisi 12600. Jelang sesi pertama berakhir, volume perdagangan saham sudah mencapai 10502 lot  saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham PTBA perdagangan sebelumnya bearish  dengan indikator MA  bergerak turun  dan  indikator Stochastic bergerak turun ke area tengah.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak  datar dengan  +DI yang  bergerak turun juga  menunjukan pergerakan PTBA dalam penguatan terbatas.  Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading selanjutnya  pada target level support di level 12670 hingga target resistance di level 12940.

Lens Hue/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
 Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here