GBPUSD Sesi Eropa 12/12 Diperkuat Oleh EURGBP dan GBPJPY

393

Di tengah minimnya momentum penggerak kuat kurs poundsterling awal pekan (12/12), pair GBPUSD berhasil menguat oleh perdagangan pound terhadap rival utama lainnya. Mengingat cerita pekan lalu terhadap poundsterling yang kurang mengesankan oleh sikap pemerintah terhadap Brexit dan fokus pasar terhadap pertemuan FOMC esok hari, laju pair sore ini hanya sementara.

Poundsterling berhasil menguat mendapat tenaga dari perdagangan terhadap rival lainnya seperti euro dalam pair EURGBP dan yen Jepang dalam pair GBPJPY.

FOMC atau pertemuan komite kebijakan Bank Sentral Amerika selama 2 hari yang dimulai esok hari diharapkan umumkan kebijakan moneter yang ketat alias menaikkan suku bunganya setelah dijanjikan tahun 2016 akan naikkan sebanyak 3 kali dan belum terealisasi. Pertemuan Fed akhir tahun ini menjadi penggerak kuat dollar AS yang telah berhasil melompat tinggi pasca pilpres AS bulan lalu. Selain Fed, BOE juga akan umumkan kebijakan moneternya yang diharapkan tidak mengubahnya.

Pergerakan kurs pound di sesi Eropa (11:20:35 GMT) masih kuat terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih rendah   dari perdagangan sebelumnya pada  posisi 1.2570  di   awal   perdagangan sesi Asia  (00.00 GMT),  kini kurs  pound  bergerak di posisi 1.2592. Analyst Vibiz Research Center melihat  pair GBPUSD dapat naik terus  menuju kisaran 1.2616-1.2660. Dan jika tidak tembus kisaran tersebut maka  berpotensi turun ke   1.2558– 1.2492.

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here