Yen Jepang Terpangkas Kuat Oleh Lompatan Harga Minyak Mentah

702

Setelah pemerintah Jepang mengumumkan peningkatan data pesanan pabrik bulan Oktober meningkat signifikan, nilai mata uang yen dalam perdagangan forex sesi Asia rebound kuat. Namun masuki sesi Eropa terpangkas kembali oleh  rally harga minyak mentah yang cukup kencang yang membuat pasar memburu dollar AS dalam perdagangan USDJPY.

Yen Jepang yang sering kuat sebagai safe haven terpangkas dikarenakan bangkitnya perdagangan aset beresiko meskipun di Eropa sedang amblas oleh sentimen lokal.  Selain itu kuatnya perdagangan obligasi Amerika akhir pekan akan berlanjut pada sesi Amerika malam ini. Yield obligasi AS berhasil melonjak naik ke posisi tertinggi.

Pergerakan kurs yen  sesi Eropa (11:40:35 GMT) melemah  terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih kuat  pada 115.43  di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) bergerak rally hingga kuat  31 pips  dan nilai pair bergulir  pada 115.74.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam berpotensi naik terus, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya dapat naik lagi ke kisaran  116,26-116,66. Namun dapat terjadi koreksi jika tidak sampai  kisaran 116.08 yang merupakan resisten lemah hariannya.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here