Harga Kakao ICE Naik Terdorong Aksi Bargain Hunting

365

Harga kakao berjangka ICE Futures pada akhir perdagangan Selasa dinihari (13/12) ditutup naik. Penguatan harga kakao terdorong aksi bargain hunting investor.

Aksi bargain hunting terjadi setelah harga kakao anjlok sekitar 9 persen pekan lalu, sehingga dimanfaatkan oleh para investor untuk membeli lebih banyak dengan harga yang murah.

Analis mengatakan pasar kakao bergerak dari surplus produksi untuk satu tahun menjadi defisit produksi dengan harga yang lebih tinggi bagi petani di Afrika Barat yang membantu mendorong produksi pada saat yang sama bahwa kondisi cuaca telah ditingkatkan untuk mengembangkan tanaman.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga kakao berjangka kontrak Maret 2017 yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan peningkatan. Harga komoditas tersebut ditutup naik sebesar 70 dollar atau 3,23 persen pada posisi 2.240 dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya berpotensi melemah terbatas dengan potensi penguatan dollar AS. Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi akan menembus level Support pada posisi 2.190 dollar. Jika level Support tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 2.140 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan ditembus jika terjadi kenaikan ada pada 2.290 dollar dan 2.340 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here