Inflasi November Inggris Meningkat Tertinggi 2 Tahun

531

Harga konsumen Inggris naik 0,2% untuk bulan November dengan tingkat inflasi tahunan meningkat menjadi 1,2% dari 0,9% sebelumnya. Ini adalah sedikit di atas tingkat yang diperkirakan dari 1,1% dan tingkat tahunan tertinggi 1,4% yang tercatat pada bulan Oktober tahun 2014.

Tingkat inflasi inti meningkat menjadi 1,4% dari 1,2% dan juga sedikit lebih tinggi dari yang diharapkan.

united-kingdom-inflation-cpi

Pada dasar tahunan, ada penurunan harga makanan dan minuman, sementara semua kategori lainnya mencatat kenaikan tahunan untuk pertama kalinya sejak pertengahan 2014 dengan perubahan penting dalam biaya transportasi dibandingkan dengan November 2015.

Ada kenaikan bulanan harga untuk pakaian dengan keuntungan November tajam selama enam tahun. Ada juga tekanan terhadap harga dari bahan bakar dan berbagai layanan, yang sebagian diimbangi oleh penurunan harga tiket pesawat terbang pada bulan tersebut.

Kelemahan sterling terlihat selama beberapa bulan terakhir akan terus memiliki dampak penting pada tingkat inflasi dan akan ada tekanan ke atas lebih lanjut selama beberapa bulan ke depan. Kelemahan mata uang telah mereda sampai batas tertentu dan data harga grosir bulanan lebih rendah dari yang diharapkan, yang akan mengurangi tekanan ke atas pada harga konsumen.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here