Inflasi November Jerman Stabil, Tertinggi Dalam 2 Tahun

492

Inflasi Jerman tetap stabil pada bulan November sesuai perkiraan awal, menandai tingkat tertinggi dalam dua tahun, demikian angka terakhir dari Destatis pada Selasa (13/12).

Indeks harga konsumen naik 0,8 persen tahun-ke-tahun pada bulan November, tingkat yang sama kenaikan seperti pada bulan sebelumnya. Itu sejalan dengan data awal yang diterbitkan pada 29 November.

germany-inflation-cpi

Selain itu, angka tersebut adalah yang tertinggi sejak Oktober 2014, ketika harga naik pada kecepatan yang sama.

Harga makanan dan minuman non-alkohol tumbuh 1,2 persen pada tahunan dan harga dari pakaian dan alas kaki naik sebesar 1,6 persen.

Tidak termasuk harga energi, tingkat inflasi adalah 1,2 persen. Pada saat yang sama, harga energi saja merosot 2,7 persen per tahun di bulan November, menyusul penurunan 1,4 persen pada Oktober.

Bulan ke bulan, harga konsumen naik 0,1 persen pada November, mengkonfirmasikan data awal, menyusul kenaikan 0,2 persen pada bulan sebelumnya.

Ukuran inflasi Uni Eropa, atau HICP naik pada laju yang stabil 0,7 persen pada November. Tingkat inflasi adalah yang terkuat sejak Oktober 2014, ketika mengukur naik 0,8 persen.

Dibandingkan dengan bulan sebelumnya, HICP tidak berubah pada bulan November setelah kenaikan 0,2 persen pada Oktober. Ini menegaskan angka awal HICP yang diterbitkan sebelumnya.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here