Optimisme Bisnis Australia November Terlemah 1,5 Tahun

400

Kepercayaan bisnis telah tertahan, bahkan kondisi memburuk ke level terburuk dalam satu setengah tahun.

Survei bisnis bulanan NAB yang dipantau secara luas menunjukkan penurunan kondisi dari 7 menjadi 5 bulan lalu, yaitu sekitar tingkat rata-rata tapi masih pembacaan terburuk sejak April 2015.

Penurunan kondisi itu ditandai oleh penurunan dalam perdagangan dari 11 menjadi 10 dan penurunan profitabilitas dari 7 menjadi 5.

Namun, sentimen di antara para pemimpin bisnis tetap positif, naik dari 4 menjadi 5.

Kepala ekonom NAB Alan Oster telah memperingatkan bahwa para pemimpin bisnis mungkin memiliki sedikit dasar untuk optimisme tersebut.

“Kami menjadi semakin khawatir tentang momentum yang mendasari dalam perekonomian sebagai bukti bahwa ekonomi non-pertambangan kehilangan tenaga,” katanya dalam laporan.

“Tren penurunan kondisi bisnis dan tanda-tanda kelemahan dalam Neraca Nasional kuartal ketiga, lebih dari pengaruh seperti cuaca buruk, memberikan dukungan lebih lanjut untuk pandangan ini.

Kelemahan ekonomi ini tercermin dalam pembacaan lemah ketenagakerjaan (yang telah terjebak pada 1 selama beberapa bulan), pesanan mendatang (yang jatuh dari 9 pada bulan September menjadi 0), persediaan 2 dan ekspor 1.

Oster menyatakan bahwa pasar tenaga kerja hanya hampir tidak menghasilkan pekerjaan yang cukup untuk menjaga tingkat pengangguran stabil.

Kepala ekonom NAB masih mengharapkan dua penurunan suku bunga oleh Reserve Bank tahun depan karena ekonomi Australia terus berjuang.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here