Optimisme Ekonomi Jerman Stabil Bulan Desember

526

Sentimen ekonomi Jerman tetap tidak berubah pada bulan Desember, menunjuk pertumbuhan ekonomi yang stabil selama enam bulan ke depan, menurut survei bulanan oleh lembaga think tank Jerman ZEW pada hari Selasa (13/12).

ZEW mengatakan ukuran sentimen ekonomi datang di 13,8 poin pada Desember, tidak berubah dari bulan November, setelah naik empat bulan berturut-turut. Hasilnya adalah di bawah perkiraan ekonom sebesar 14,8 poin dalam survei The Wall Street Journal, dan juga di bawah rata-rata jangka panjang 24,0 poin.

germany-zew-economic-sentiment-index

Presiden ZEW Achim Wambach menyatakan risiko ekonomi yang cukup besar yang timbul dari situasi buruk di sektor perbankan Italia, serta risiko politik seputar pemilu mendatang di Eropa, menjadi penahan sentimen ekonomi Jerman sehingga tidak bergerak naik.

Survei ZEW mencerminkan penilaian dari analis keuangan dan investor institusi, sementara banyak ekonom lebih memilih untuk melihat survei bisnis – seperti indeks pembelian manajer, untuk mengukur kekuatan yang mendasari ekonomi terbesar di Eropa.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here