Produksi Industri dan Penjualan Ritel November Tiongkok Meningkat, Investasi Aset Tetap Tidak Berubah

509

Produksi Industri dan penjualan ritel Tiongkok tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada bulan November, sementara investasi aset tetap sesuai dengan perkiraan, menambah tanda-tanda stabilisasi tumbuh di ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Produksi industri tumbuh 6,2 persen dari tahun sebelumnya, sedikit lebih baik dari perkiraan analis dan pembacan Oktober.

china-industrial-production

Penjualan ritel naik 10,8 persen, laju tercepat sejak Desember 2015 dan mengalahkan ekspektasi untuk kenaikan 10,1 persen. Demikian rilis dari Biro Statistik Nasional mengatakan hari Selasa (13/12).

china-retail-sales-annual

Setelah awal yang sulit tahun ke tahun, ekonomi Tiongkok telah melakukan lebih baik dari yang diperkirakan dan tampaknya akan mencapai target pertumbuhan 6,5-7 persen Beijing sebagai peningkatan pengeluaran pemerintah dan pasar perumahan memacu lonjakan konstruksi.

Namun investasi swasta masih lemah, meninggalkan pertumbuhan ekonomi lebih bergantung pada aliran pengeluaran pemerintah, sementara pasar properti menunjukkan tanda-tanda kelelahan, meningkatkan kekhawatiran bahwa momentum tahun ini tidak akan berkelanjutan.

Pertumbuhan investasi aset tetap tidak berubah pada 8,3 persen pada Januari-November dari periode yang sama tahun sebelumnya. Hasil ini sejalan dengan estimasi analis dan kecepatan yang sama seperti pada 10 bulan pertama tahun ini.

Investasi aset tetap oleh perusahaan-perusahaan negara naik 20,2 persen pada Januari-November, mengurangi dari 20,5 persen dalam 10 bulan pertama.

Pertumbuhan investasi swasta naik 3,1 persen dari 2,9 persen pada Januari-Oktober, menunjukkan minta investasi membaik dari perusahaan swasta untuk berinvestasi meskipun masih pada tingkat yang rendah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Investasi swasta menyumbang 61,5 persen dari investasi aktiva tetap pada periode Jan-November, kata biro statistik.

Pembuat kebijakan Tiongkok telah berusaha untuk memikat investor swasta dalam proyek-proyek infrastruktur besar melalui kemitraan publik-swasta, tetapi banyak sektor yang menguntungkan masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan negara.

Penjualan ritel didukung oleh keuntungan dalam penjualan mobil, peralatan rumah tangga dan kosmetik.

Penjualan mobil di Tiongkok melonjak untuk bulan keenam berturut-turut pada bulan November, sebuah asosiasi industri mengatakan pada hari Senin, sebagai konsumen bergegas untuk membeli mobil di tengah ketidakpastian mengenai apakah insentif pajak akan diperpanjang di luar akhir tahun.

Festival Satu Hari Alibaba Group Holding Ltd pada 11 November membukukan rekor penjualan senilai 120.700.000.000 yuan ($ 17730000000), meskipun melihat pertumbuhan yang lambat sebagai pembeli Tiongkok mencari diskon lebih dalam dan tag harga yang lebih rendah.

Pekan lalu, data perdagangan menunjukkan impor Tiongkok tumbuh di laju tercepat dalam lebih dari dua tahun pada bulan November, sementara ekspor juga naik tak terduga, mencerminkan kenaikan di kedua permintaan domestik dan global.

Biro statistik mengatakan dalam komentar dengan data bahwa perekonomian Tiongkok menunjukkan perubahan positif pada November, namun masih menghadapi ketidakpastian di dalam dan di luar negeri.

Pertumbuhan penjualan properti Tiongkok melambat tajam menjadi 7,9 persen pada November dari tahun sebelumnya, terendah sejak Desember 2015, dan baik pendek 26,4 persen peningkatan pada bulan Oktober.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here