Harga Batubara Rotterdam ICE Naik Terbantu Kenaikan Minyak Mentah AS

359

Pada akhir perdagangan Rabu dini hari (14/12), harga batubara Rotterdam naik terdorong lonjakan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) ditutup naik 15 sen atau 0,28 persen pada $ 52,98. Harga minyak naik setelah permintaan yang kuat di Asia dan pemotongan pasokan Abu Dhabi, Kuwait dan Qatar sebagai bagian dari pembatasan produksi OPEC dan eksportir lainnya. Namun profit taking setelah kenaikan kemarin juga membayangi pasar minyak mentah.

Lihat : Harga Minyak Mentah Mixed; Laporan Peningkatan Produksi API Berpotensi Tekan Harga

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak Maret 2017 berada di posisi 67,40 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,90 dollar atau setara dengan 1,35 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Malam nanti The Fed akan menetapkan suku bunga AS, dengan sebagian besar pelaku pasar memperkirakan bank sentral untuk menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin. Jika terealisir akan menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah tertekan penguatan dollar AS. Harga batubara berjangka berpotensi menguji level Support pada posisi 66,90 dollar dan Support kedua di level 66,40 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan diuji jika terjadi kenaikan harga ada pada posisi 67,90 dollar dan 68,40 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here