Indeks Shanghai 14 Desember Bergerak Datar, Pelemahan Penjualan Rumah Menahan Kenaikan

410

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Rabu (14/12), Indeks Shanghai bergerak datar, saat ini terpantau naik tipis 2,03 poin atau 0,06 persen pada 3157.06. Pergerakan datar indeks Shanghai terpicu menguatnya data produksi industri dan penjualan ritel diimbangi oleh merosotnya pertumbuhan penjualan properti. Pergerakan datar juga terpicu kewaspadaan investor menantikan keputusan suku bunga AS.

The Fed AS diperkirakan akan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam satu tahun, dengan harga pasar dalam probabilitas 95,4 persen menurut CME Group FedWatch Alat. Tapi investor fokus juga pada nada prospek ekonomi dari konferensi pers pasca-pertemuan pada hari Rabu.

Produksi Industri dan penjualan ritel Tiongkok tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada bulan November, sementara investasi aset tetap sesuai dengan perkiraan, menambah tanda-tanda stabilisasi tumbuh di ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Produksi industri tumbuh 6,2 persen dari tahun sebelumnya, sedikit lebih baik dari perkiraan analis dan pembacan Oktober.

Penjualan ritel naik 10,8 persen, laju tercepat sejak Desember 2015 dan mengalahkan ekspektasi untuk kenaikan 10,1 persen. Demikian rilis dari Biro Statistik Nasional mengatakan hari Selasa (13/12).

Pertumbuhan investasi aset tetap tidak berubah pada 8,3 persen pada Januari-November dari periode yang sama tahun sebelumnya. Hasil ini sejalan dengan estimasi analis dan kecepatan yang sama seperti pada 10 bulan pertama tahun ini.

Lihat : Produksi Industri dan Penjualan Ritel November Tiongkok Meningkat, Investasi Aset Tetap Tidak Berubah

Namun pelemahan penjualan rumah di Tiongkok menahan kenaikan lebih jauh.

Penjualan rumah di Tiongkok melambat tajam pada bulan November terpicu tindakan pendinginan pemerintah, dan investasi properti baru juga melambat secara signifikan dari tingkat rekor baru.

Pertumbuhan penjualan properti tergelincir pada bulan November menjadi 7,9% dari tahun lalu, terendah sejak November 2015, dan juga dari kenaikan 26,4% bulan Oktober.

Pertumbuhan investasi properti sebesar 5,7% pada November dari tahun sebelumnya adalah kurang dari setengah tingkat pertumbuhan 13,4% yang dibukukan pada bulan Oktober, demikian dilansir Reuters dari data yang dikeluarkan oleh Biro Statistik Nasional (NBS) kemarin.

Lihat : Pertumbuhan Penjualan Rumah Tiongkok November Merosot Terendah 1 Tahun

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak lemah dengan kekuatiran kenaikan suku bunga AS. Namun pisitifnya data ekonomi dapat mendukung kenaikan indeks. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 3070-2994 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3234-3337.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here