Rupiah Rabu Pagi Lebih Hebat Dari Mata Uang Negara Asia

435

Pergerakan rupiah di awal perdagangan valas hari Kamis (14/12) dibuka lebih kuat dari nilai akhir perdagangan sebelumnya hingga kembali pada posisi 13200. Perdagangan sebelumnya rupiah dibuka pada kisaran 13200 dan berakhir pada kisaran 13300. Penguatan rupiah terhadap dollar AS pagi ini melebihi kinerja valas negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia serta negara Tiongkok yang terpantau melemah.

Lihat: Dollar AS Sesi Asia Masih Belum Diminati

Kekuatan rupiah rupiah pagi ini terhadap bursa saham masih belum membuat  arus masuk modal investor asing  bertambah melebihi arus keluarnya hingga tercetak net sell  sebesar Rp27 miliar lebih.  Tekanan jual  investor asing tersebut  ikut menekan   IHSG yang sedang turun  0,2%.

Lihat: IHSG 14 Desember Bergerak Naik Terdukung Penguatan Rupiah dan Wall Street

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penurunan 0,43% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13268/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13295/US$. Demikian untuk kurs Jisdor ditetapkan BI ke posisi  lebih kuat di 13285  dari perdagangan sebelumnya  di 13309.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi kuat pada akhir perdagangan  meskipun  dollar AS menekan kurs emerging market lainnya, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13240 dan  resistance di 13320.

H Bara/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here