Survey Tankan : Optimisme Perusahaan Besar Jepang Q4 Naik Tertinggi 1 Tahun

485
Vibizmedia Photo

Sentimen besar produsen Jepang membaik untuk pertama kalinya dalam enam kuartal dalam tiga bulan hingga Desember untuk mencapai tertinggi satu tahun, dengan keuntungan saham dan kejatuhan yen mencerahkan prospek ekonomi yang bergantung pada ekspor.

Perusahaan juga mempertahankan rencana pengeluaran optimis mereka, survei triwulanan “Tankan” Bank of Japan menunjukkan pada hari Rabu (14/12), memperkuat ekspektasi pasar bahwa Bank of Japan akan menunda memperluas langkah-langkah stimulus dalam beberapa bulan mendatang.

Tapi keyakinan sektor jasa tidak berubah dari tiga bulan lalu karena cuaca buruk menekan konsumsi swasta, survei menunjukkan, menggarisbawahi sifat rapuh dan tambal sulam pemulihan di ekonomi terbesar ketiga di dunia ini.

Indeks utama yang mengukur sentimen bisnis produsen besar naik ke plus 10 dari plus 6 tiga bulan lalu, survei Tankan menunjukkan, sesuai perkiraan pasar median dan mencapai level tertinggi sejak Desember 2015.

japan-business-confidence

BOJ kemungkinan akan mempertahankan kebijakan moneter yang stabil dan memberikan pandangan yang lebih optimis dalam review ekonomi pekan depan, mencerminkan prospek cerah bagi perdagangan global, sumber mengatakan kepada Reuters.

Pembuat otomotif dan mesin melihat sentimen cerah dalam survei, survey diambil setelah pemilihan presiden AS bulan lalu, menunjukkan bahwa kejatuhan yen yang tajam dipicu oleh pemilihan Donald Trump mendorong harapan untuk penghasilan yang lebih tinggi.

Perusahaan besar berencana untuk meningkatkan belanja modal sebesar 5,5 persen untuk tahun fiskal saat ini hingga Maret 2017, sedikit di bawah proyeksi yang dibuat tiga bulan lalu, namun sejalan dengan revisi ke bawah yang cenderung terjadi pada akhir tahun, analis mengatakan.

Meskipun lebih dari tiga tahun pencetakan uang yang agresif oleh BOJ, ekonomi Jepang telah gagal naik berkelanjutan dari kelesuan karena permintaan global lembut dan pertumbuhan upah yang lambat membebani ekspor dan konsumsi swasta.

Tankan menunjukkan suasana hati perusahaan besar non-manufaktur datar dari tiga bulan lalu pada 18, karena sentimen memburuk untuk restoran, pengecer dan hotel tertekan oleh pelemahan konsumsi.

Perusahaan besar manufaktur dan non-manufaktur  memperkirakan kondisi bisnis memburuk sedikit dalam tiga bulan mendatang, menunjukkan bahwa perusahaan tetap berhati-hati pada apakah tren pasar yang positif akan terus berlanjut.

Namun data terbaru menawarkan tanda-tanda harapan. Pesanan perusahaan Jepang ‘naik pada bulan November pada permintaan Asia yang kuat, dan konsumsi naik tipis setelah merosot pada cuaca buruk yang terus mendorong pembeli dalam negeri.

Produsen besar berdasarkan perkiraan keuntungan mereka pada tingkat dolar / yen rata diasumsikan dari 104,90 untuk tahun fiskal saat ini.

Ini lebih kuat dari level saat ini sekitar 115 yen, menunjukkan bahwa keuntungan perusahaan dapat direvisi naik tajam jika saat ini tren lemah yen terus berlangsung, analis mengatakan.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here