Bursa Eropa Bergerak Mixed Merespon Kenaikan Suku Bunga AS

388

Bursa Eropa bergerak mixed pada perdagangan Kamis (15/12) setelah Federal Reserve AS mengumumkan kenaikan suku bunga 25 basis poin dan membuka pintu untuk tiga kenaikan tahun depan.

Indeks FTSE bergerak pada 6.934,64, turun -14,55 poin atau -0,21%

Indeks DAX bergerak pada 11.303,39, naik 58,55 poin atau 0,52%

Indeks CAC bergerak pada 4.796,77, naik 27,53 poin atau 0,58%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 9.262,80, naik 44.40 poin atau 0,48%

Indeks Pan-Eropa Euro Stoxx 600 lebih tinggi tapi dengan bursa-bursa utama bergerak dalam arah yang berbeda.

Federal Reserve AS akhirnya menyetujui kenaikan suku bunga pertama dalam setahun pada Kamis dinihari (15/12) dan memproyeksikan tiga peningkatan lagi tahun depan.

The Federal Open Market Committee (FOMC) mengangkat kisaran target dari kisaran 0,25-0,5 persen menjadi kisaran 0,5-0,75 persen. Tingkat dana overnight saat ini duduk di 0,41 persen.

Lihat : The Fed AS Naikkan Suku Bunga 25 Bps, Proyeksikan 3 Kenaikan di 2017

Dalam konferensi pers setelah pengumuman Fed, Ketua Janet Yellen mengatakan rencana Presiden AS terpilih Donald Trump untuk meningkatkan ekonomi dengan pengeluaran pemerintah mendorong ekspektasi bank sentral untuk tiga kenaikan suku bunga tahun depan.

Lihat : Ketua Fed Yellen : Rencana Kebijakan Trump Mempengaruhi Proyeksi Kenaikan Suku Bunga

FTSE 100 lebih rendah menjelang pengumuman kebijakan moneter terbaru Bank of England . Analis tidak mengharapkan perubahan apapun pada kebijakan moneter saat ini.

Saham perbankan memimpin keuntungan di Eropa, melompat lebih dari 1,3 persen karena investor merasakan bahwa kenaikan suku bunga AS akan menjadi positif bagi keuangan yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungan hasil yang rendah karena krisis keuangan tahun 2008.

Saham otomotif juga bergerak lebih tinggi pada hari Kamis setelah data menunjukkan kenaikan 5,8 persen tahun-ke-tahun pada pendaftaran mobil baru di Eropa. Juga, produsen mobil Volkswagen Jerman dilaporkan telah mencapai kesepakatan dengan pemerintah AS untuk mengakhiri skandal uji emisi, Financial Times melaporkan. Sahamnya sedikit lebih tinggi di perdagangan pagi.

Perusahaan utilitas Perancis EDF berada di bawah indeks pan-Eropa Stoxx 600, menjatuhkan lebih dari 11 persen pada perdagangan pagi, dengan proyeksi pendapatan 2017 yang lebih rendah dari perkiraan.

Centrica, sebuah perusahaan energi dan jasa, sahamnya melompat 2,3 persen setelah melaporkan proyeksi laba 2016 yang lebih baik dari perkiraan.

Produsen farmasi Swiss Lonza Group mengatakan pada hari Kamis membeli Capsugel, perusahaan AS pembuat produk kapsul dan sistem pengiriman obat lainnya, sebesar $ 5,5 milyar tunai. Saham Lonza ini turun hampir 6 persen pada perdagangan pagi.

Juga pada kalender Kamis, para pemimpin Eropa berkumpul di Brussels untuk pertemuan puncak di mana mereka akan mendiskusikan hubungan dengan Rusia dan bagaimana mengatur negosiasi untuk proses Brexit.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati rilis data ekonomi kawasan Eropa, juga pergerakan harga minyak dan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here