Bursa Hong Kong 15 Desember Merosot Terendah 4 Bulan Pasca Kenaikan Suku Bunga AS

430

Di akhir perdagangan bursa Hong Kong Kamis (15/12), indeks Hang Seng ditutup merosot tajam -397,22 poin, atau -1,77 persen pada 22059.40. Bursa Saham Hong Kong merosot ke terendah empat bulan, setelah Federal Reserve AS menaikkan suku bunga dan proyeksi kenaikan yang lebih banyak tahun depan.

Federal Reserve AS akhirnya menyetujui kenaikan suku bunga pertama dalam setahun pada Kamis dinihari (15/12) dan memproyeksikan tiga peningkatan lagi tahun depan.

The Federal Open Market Committee (FOMC) mengangkat kisaran target dari kisaran 0,25-0,5 persen menjadi kisaran 0,5-0,75 persen. Tingkat dana overnight saat ini duduk di 0,41 persen.

Lihat : The Fed AS Naikkan Suku Bunga 25 Bps, Proyeksikan 3 Kenaikan di 2017

Dalam konferensi pers setelah pengumuman Fed, Ketua Janet Yellen mengatakan rencana Presiden AS terpilih Donald Trump untuk meningkatkan ekonomi dengan pengeluaran pemerintah mendorong ekspektasi bank sentral untuk tiga kenaikan suku bunga tahun depan.

Lihat : Ketua Fed Yellen : Rencana Kebijakan Trump Mempengaruhi Proyeksi Kenaikan Suku Bunga

Pasar telah memperkirakan kenaikan suku bunga AS, namun investor cemas setelah The Fed AS memproyeksikan tiga kenaikan tahun depan, naik dari dua sebelumnya, menunjukkan jalan pengetatan lebih agresif.

Pasar melemah di seluruh papan, dengan sektor energi, bahan baku dan saham real estate jatuh lebih dari 2 persen pada penutupan.

Saham properti kehilangan dukungan investor setelah Hong Kong menaikkan suku bunga dasar Hong Kong sebesar 25 basis poin, sebagai upaya mematok dolar Hong Kong terhadap dollar AS.

Sektor keuangan juga turun tajam, dipimpin oleh saham bank dan asuransi, di tengah kekhawatiran krisis likuiditas di sana setelah beberapa Treasury kontrak berjangka Tiongkok jatuh ke batas harian mereka.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng hari ini terpantau turun -24,00 poin atau -0,11 persen pada 22,071.00, turun dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 22,095.00.

Malam nanti akan dirilis data inflasi November AS yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Hang Seng akan bergerak naik jika bursa Wall Street positif. Secara teknikal Indeks Hang Seng akan bergerak dalam kisaran Support 21,580-21,098, dan kisaran Resistance 22,563-23,025.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here