Pertumbuhan Manufaktur Desember Jerman Kuat, Sektor Jasa Melemah

400

Indeks flash manufaktur PMI Markit Jerman diperkuat menjadi 55,5 untuk Desember dari 54,3 sebelumnya. Ini adalah di atas ekspektasi pasar 54,6 dan pembacaan terkuat selama 35 bulan. Demikian rilis dari Markit, Kamis (15/12).

Sebaliknya, indeks PMI jasa turun ke titik terendah 3-bulan 53,8 dari 55,1 dan lebih rendah dari pembacaan diharapkan dari 55,0.

germany-manufacturing-pmi

Indeks produksi komposit keseluruhan beringsut lebih rendah menjadi 54,8 dari 55,0, terendah selama 3 bulan. Kuartal keempat membaca masih yang tertinggi sejak kuartal kedua tahun 2014.

Ada kekuatan lebih lanjut dalam pesanan baru di sektor manufaktur dengan perusahaan optimis seputar prospek domestik dan ekspor. Produsen juga meningkatkan pembelian untuk pertama kalinya sejak Oktober 2014 karena sentimen menguat. Ada keyakinan lemah di sektor jasa, meskipun aktivitas masih diharapkan memperkuat selama 2017.

Pekerjaan meningkat lebih lanjut pada bulan Desember dan ada peningkatan lebih lanjut dalam rangka backlogs untuk bulan berturut-turut ketujuh dan di laju tercepat sejak Juni. Peningkatan backlog akan terus mendukung tren produksi jangka pendek.

Tingkat inflasi harga input meningkat ke level tertinggi sejak kuartal kedua 2011 dan harga produksi meningkat di laju tercepat sejak Juli 2011. Ada peningkatan tekanan inflasi dari harga komoditas yang lebih tinggi dan Euro lebih lemah.

Menurut Markit, bukti menunjukkan tekanan ke atas yang kuat pada inflasi dan Bundesbank tentu akan mencatat perkembangan ini dengan mencermati tren inflasi jangka pendek.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here