Indeks Hang Seng 16 Desember Dibuka Lemah Tertekan Kenaikan Suku Bunga AS

438
Vibizmedia Photo

Pada awal perdagangan bursa Hong Kong Jumat (16/12), indeks Hang Seng dibuka lemah, saat ini terpantau turun -18,72 poin atau -0,08 persen pada 22040.68. Bursa Saham Hong Kong dibuka lebih rendah setelah suku bunga di Amerika Serikat dan Hong Kong meningkat untuk kedua kalinya dalam satu dekade, mendorong dolar AS ke posisi tertinggi baru dan menyeret ekuitas Asia.

Pasar terus melihat kerugian setelah Federal Reserve AS menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada pertemuan kebijakan dua hari Desember, yang mendorong Hang Seng ditutup pada level terendah sejak awal Agustus pada hari Kamis.

Investor terkejut oleh sinyal Fed untuk tiga tambahan kenaikan suku bunga pada tahun 2017, lebih satu dari yang diperkirakan sebelumnya, di belakang pemulihan ekonomi AS.

Saham yang sensitif terhadap suku bunga menyeret pasar turun pada hari Jumat, dengan saham perbankan besar, asuransi, dan properti di zona merah.

Saham China Life Insurance adalah pecundang terbesar di antara blue chips saat pembukaan, jatuh 1,69 persen, diikuti oleh saham Ping An Insurance, yang mundur 1,34 persen.

Saham HSBC Holdings turun 0,16 persen.

Saham pengembang real estate, Wharf Holdings merosot 1,32 persen sementara saham China Overseas Land and Investment turun 0,47 persen.

Tetapi beberapa saham perbankan dan properti rebound sedikit dari kerugian besar pada hari Kamis, dengan saham China Construction Bank memperoleh 0,36 persen dan Sun Hung Kai Properties naik 0,70 persen.

Saham batubara juga positif setelah harga minyak terpukul dari keputusan suku bunga. Saham China Shenhua naik 0,66 persen.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng pagi ini terpantau turun -69,00 poin atau -0,31 persen pada 22,026.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 22,095.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng selanjutnya akan bergerak negatif tertekan kenaikan suku bunga AS dan Hong Kong. Namun penguatan Wall Street dapat mendukung kenaikan bursa. Secara teknikal Indeks Hang Seng akan bergerak dalam kisaran Support 21,580-21,098, dan kisaran Resistance 22,563-23,025.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here