Upaya PBOC Mengatasi Ketatnya Likuiditas Keuangan Tiongkok

453

Bank Sentral Tiongkok mengambil langkah mendesak bank-bank komersial utama untuk memberikan pinjaman kepada lembaga keuangan non-bank pada Kamis sore setelah banyak operasi ditangguhkan antar bank di tengah kondisi likuiditas yang ketat, Caixin melaporkan pada akhir Kamis (15/12).

The People`s Bank of China (PBOC) turun tangan untuk membantu lembaga-lembaga seperti perusahaan sekuritas dan manajer investasi, setelah bank-bank termasuk empat besar bank-bank BUMN enggan untuk memberikan pinjaman, mengutip para pedagang dan sumber kelembagaan.

Caixin mengatakan bahwa pedagang menunjuk memburuknya sentimen di antara bank-bank tentang kondisi pasar dan berkembangnya kehati-hatian atas pinjaman antar bank, terutama setelah Federal Reserve AS memicu kemerosotan di pasar berjangka obligasi pada hari Kamis oleh sinyal kenaikan suku bunga lebih pada tahun 2017.

Likuiditas telah menjadi faktor utama yang mempengaruhi pasar setelah bank sentral meningkatkan biaya modal melalui operasi pasar terbuka pada bulan lalu, majalah keuangan itu menambahkan.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here