Bursa Hong Kong 19 Desember Ditutup Negatif Tertekan Kebijakan Moneter Tiongkok

420

Di akhir perdagangan bursa Hong Kong awal pekan Senin (19/12), indeks Hang Seng ditutup turun -188,07 poin, atau -0,85 persen pada 21832.68. Saham-saham Hong Kong merosot ke 4,5 bulan terendah, memperpanjang penurunan karena kenaikan suku bunga AS pekan lalu, dan sebagai Beijing mengisyaratkan kebijakan moneter “netral” dan laporan media mengatakan perusahaan asuransi daratan menghadapi pembatasan investasi segar.

Hong Kong China Enterprises Index, yang melacak perusahaan China Hong Kong yang terdaftar, kehilangan lebih, mengambil isyarat dari pasar daratan lamban yang mundur setelah Beijing mengisyaratkan kebijakan moneter “prudent dan netral” untuk tahun depan.

Indeks kelas berat Bank of China Ltd kehilangan lebih dari 1,4 persen pada penutupan, mencapai hampir satu bulan rendah.

Laporan-laporan media mengatakan bahwa Tiongkok akan menghadapi lebih banyak pembatasan ketika membeli asuransi di Hong Kong. Saham AIA Group Ltd mundur hampir 1,5 persen.

Semua sektor utama di Hong Kong melemah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Hang Seng akan mencermati perkembangan Tiongkok dan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here