Indeks Shanghai 19 Desember Bergerak Lemah Terpicu Ketegangan Politik Tiongkok-AS

378
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok awal pekan Senin (19/12), Indeks Shanghai dibuka lemah, saat ini terpantau turun -5,65 poin atau -0,18 persen pada 3117.33. Pelemahan indeks Shanghai terpicu ketegangan politik antara Tiongkok-AS.

Sebuah kapal perang Tiongkok menyita drone bawah air AS di Laut Cina Selatan, yang memicu protes diplomatik formal dan permintaan untuk pengembalian Jumat lalu. Kejatuhan politik terus terjadi selama akhir pekan bahkan setelah Beijing setuju untuk mengembalikan pesawat tak berawak.

Pada perdagangan pekan lalu saham Tiongkok diperdagangkan hati-hati setelah regulator dilaporkan mengambil tindakan lebih terhadap perusahaan asuransi.

Regulator asuransi Tiongkok telah mengeluarkan peringatan untuk 10 perusahaan setelah mereka gagal untuk benar-benar melaksanakan self-inspeksi pada tingkat risiko mereka, surat kabar harian Securities melaporkan pada hari Jumat.

Regulator asuransi juga mempertimbangkan pemotongan saham maksimal pemegang saham tunggal di sebuah perusahaan asuransi untuk kurang dari sepertiga dari 51 persen, kata harian Securities.

Pagi ini telah diirlis data Hous Price Index November Tiongkok yang membukukan hasil 12,6 persen, sedikit meningkat dari bulan sebelumnya 12,3 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif dengan meningkatnya data perumahan Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 3042-2970 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3202-3288.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here