Optimisme Bisnis Desember Jerman Naik Tertinggi 34 Bulan

362

Indeks IFO Jerman diperkuat untuk 111,0 untuk Desember dari 110,4 bulan sebelumnya, di atas pembacaan yang diharapkan dari 110,7 dan pembacaan terkuat sejak Februari tahun 2014.

Indeks kondisi saat ini naik menjadi 116,6 dari 115,6, juga di atas ekspektasi dan tingkat tertinggi sejak Februari 2012, sedangkan indeks ekspektasi hanya meningkat sedikit ke 105,6 dari 105,5.

Ada peningkatan sektor perdagangan dan industri untuk 14,8 dari 13,7, pembacaan terkuat 2016 karena kepercayaan manufaktur juga meningkat dengan perusahaan mengharapkan produksi untuk memperkuat selama beberapa bulan ke depan.

Sektor konstruksi terus menguat dengan pasca-unifikasi rekor tinggi pasca unifikasi dengan suku bunga terendah memberikan dukungan yang kuat.

Kepercayaan di sektor ritel tidak berubah, namun sektor grosir menguat lebih lanjut ke 17,8 dari 15,1, yang merupakan bacaan terkuat selama hampir tiga tahun.

Keyakinan mendasar dalam proyeksi Jerman jangka pendek kemungkinan akan tetap kuat dengan fundamental positif. Lemah Euro telah lebih didorong pesaing Jerman di pasar global, terutama di Amerika Serikat, yang akan meningkatkan prospek ekspor. Kebijakan moneter juga sangat akomodatif dengan suku bunga riil negatif, yang akan memiliki dampak positif pada permintaan domestik dan mendukung sektor manufaktur.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here