Ringgit Anjlok, Terburuk Sejak 1998, Turun Lagi 0,1 Persen Menjadi 4,4805 Per Dolar

628

Nilai tukar ringgit Malaysia terhadap dolar Amerika menyentuh level terendah sejak krisis keuangan Asia di tahun 1998 karena investor terus menjual ke aset emerging-market dan setelah tindakan keras terhadap spekulan mata uang bulan lalu diperparah arus modal asing yang ditarik dari Malaysia.

Ringgit turun sebanyak 0,1 persen menjadi 4,4805 per dolar, tingkat terlihat sejak Januari 1998, sesuai dengan harga dari bank lokal yang dikumpulkan oleh Bloomberg, yang sebelumnya berada di 4,48 di 09:52 di Kuala Lumpur.

Nilai tukar mata uang ringgit telah kehilangan lebih dari 6 persen sejak pemilu AS, penurunan terbesar di antara negara berkembang di Asia, karena adanya sentimen bahwa presiden Amerika yang baru, Donald Trump akan memicu inflasi dengan kebijakan fiskal yang memacu arus keluar dari wilayah tersebut. Sentimen terhadap aset Malaysia juga telah terluka oleh langkah bank sentral pada bulan November untuk menekan perdagangan non-deliverable dengan merevisi peraturan yang selama ini sedang berlaku.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here