Harga Timah 20 Desember Turun 1 Persen Tertekan Penguatan Dollar AS

288

Harga timah di bursa Malaysia turun pada perdagangan Selasa siang (20/12). Pelemahan harga timah terdukung kenaikan dollar AS semalam.

Indeks Dolar AS menguat 0,18 persen semalam terhadap sekeranjang mata uang. Penguatan dollar AS membuat harga timah yang dijual dalam mata uang dollar AS menjadi lebih mahal, sehingga permintaannya menurun.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami pelemahan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 20.950 dollar per ton, turun sebesar 220 dollar atau 1,0 persen dari penutupan sebelumnya pada 21.170.

Kondisi politik yang terjadi seperti pembunuhan Dubes Rusia di Turki, aksi truk yang menabrak massa di pasar natal Berlin, Jerman, dan juga ketegangan politik AS-Tiongkok, menguatkan mata uang safe haven dan berpotensi menekan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat terbatas dengan pelemahan dollar AS. Harga akan menghadapi level Resistance di posisi 21.150 dollar dan 21.350 dollar. Akan tetapi jika terjadi penurunan, harga timah akan menghadapi level Support di 20.750 dollar dan 20.550 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here