Pidato Yellen : Pasar Kerja AS Terkuat Dalam Satu Dekade

387

Dalam komentar pada hari Senin di University of Baltimore, Ketua Fed Yellen menggambarkan kekuatan pasar tenaga kerja AS yang lebih luas.

Menurut Yellen, pasar kerja adalah yang terkuat di hampir satu dekade. Penciptaan lapangan kerja terus dengan kecepatan tetap, tingkat PHK rendah dan lowongan pekerjaan naik selama beberapa tahun terakhir, yang merupakan tanda lain dari pasar kerja yang sehat.

Ketua The Fed juga menyatakan ada indikasi bahwa upah pertumbuhan meningkat dan pendapatan mingguan bagi pekerja muda telah membuat keuntungan yang kuat selama beberapa tahun terakhir.

Menurut survei Federal Reserve yang dirilis hari ini, pekerja muda lebih optimis tentang pasar kerja dibandingkan dengan 2013.

Yellen juga mencatat bahwa masih ada tantangan ekonomi yang tumbuh lebih lambat dibandingkan pemulihan masa lalu dan pertumbuhan produktivitas, yang merupakan pengaruh besar pada upah, telah mengecewakan.

Secara signifikan, Yellen terus menunjukkan kepercayaan keseluruhan yang kuat dalam prospek ekonomi. Tidak ada upaya untuk memberikan nada lebih hati-hati dan mencari pandangan melawan pasar hawkish dari proyeksi Fed pekan lalu.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here