Bursa Hong Kong 21 Desember Ditutup Naik Terbantu Penguatan Bursa Tiongkok dan Wall Street

371
indeks hang seng

Di akhir perdagangan bursa Hong Kong Rabu (21/12), indeks Hang Seng ditutup naik 80,74 poin, atau 0,37 persen pada 21809.80. Bursa Saham Hong Kong mengalahkan penurunan beruntun empat hari dan maju pada Rabu, berkat dukungan dari pasar saham Tiongkok dan Wall Street.

Indeks Hang Seng menghapus beberapa keuntungan di sesi pagi dan naik 0,4 persen menjadi 21,809.80 poin pada penutupan, setelah mencapai terendah dalam lima bulan di sesi sebelumnya.

Pasar mendapat sedikit dukungan dari pasar saham Tiongkok, di mana kekhawatiran menekan likuiditas di sistem perbankan Tiongkok mereda setelah risiko dari skandal obligasi profil tinggi yang muncul tertahan.

Lihat : Bursa Shanghai 21 Desember Berakhir Naik 1 Persen, Kekuatiran Likuiditas Perbankan Mereda

Sentimen juga terangkat oleh Wall Street, di mana Dow dan Nasdaq Composite naik ke rekor tertinggi pada Selasa, memperpanjang reli didorong oleh harapan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat selama kepresidenan Donald Trump.

Lihat : Bursa Wall Street Berakhir Naik, Dow Jones Menuju 20,000

Sektor naik di seluruh papan di Hong Kong, dengan saham jasa memimpin keuntungan, naik lebih dari 1 persen pada penutupan.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng pagi ini terpantau naik 135,00 poin atau 0,62 persen pada 21,839.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 21,704.00.

Malam nanti juga akan dirilis data Existing Home Sales November AS yang diindikasikan menurun. Jika terealisir akan berpotensi melemahkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Hang Seng akan bergerak lemah jiwa bursa Wall Street terealisir melemah. Juga akan mencermati perkembangan Tiongkok dan bursa Wall Street. Secara teknikal Indeks Hang Seng akan bergerak dalam kisaran Support 21,381-20,893, dan kisaran Resistance 22,332-22,854.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here