Kepercayaan Terhadap Ekonomi Inggris Telah Runtuh Pasca Brexit

434

Kondisi perekonomian negara Inggris pasca brexit mendapat penilaian yang buruk dari ribuan konsumen negara tersebut menurut survey sebuah lembaga riset pasar global yang berpusat di Jerman (GfK). Dalam laporan bulanan surveynya di bulan Desember, GfK melihat kepercayaan konsumen Inggris terhadap semua aspek ekonomi negara tersebut telah runtuh.

Berdasarkan survey bulanannya untuk bulan Desember, skor untuk kemampuan ekonomi Inggris dalam menghadapi ketidakpastian tentang masa depan dalam dan luar negeri masih negatif alias pesimis. Indeks menunjukkan GfK consumer confidence bulan Desember di posisi -7, yang lebih baik dari periode sebelumnya di -8.

United Kingdom Consumer Confidence

Dari survey tersebut juga di proyeksikan  untuk tahun depan harapan untuk berbalik menjadi positif sangat sulit imbas dari brexit. Selain itu, tingkat pertumbuhan upah terlihat tidak berimbang dengan kenaikan inflasi.

Memang Inggris belum resmi keluar dari Uni Eropa setelah referendum Brexit bulan Juni lalu, dan baru akan keluar 2 tahun kedepan setelah penetapan resmi keluar pada Mareat 2017. Tepatnya Inggris akan keluar dari UE pada 1 April 2019, dan menuju kesana tidak mudah bagi perekonomian negara tersebut.

H Bara/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here