Optimisme Konsumen Zona Eropa Desember Meningkat

328

Optimisme awal konsumen zona Eropa diperkuat untuk -5,1 untuk Desember dari -6,2 bulan sebelumnya dan sedikit lebih kuat dari perkiraan 6.0.

Angka ini merupakan pembacaan terkuat sejak April 2015 dan telah terjadi peningkatan yang konsisten dalam sentimen sejak kuartal kedua 2016.

euro-area-consumer-confidence

Telah ada bukti yang konsisten dari peningkatan kepercayaan zona Eropa selama beberapa bulan terakhir dengan dukungan penting dari keuntungan dalam pekerjaan dan jatuhnya pengangguran dengan survei PMI juga menunjukkan perbaikan sentimen secara keseluruhan.

Data terakhir mencatat kenaikan upah dipercepat untuk kuartal ketiga, yang juga akan cenderung mendukung pertumbuhan pendapatan.

Ada juga bukti bahwa periode waktu yang berkelanjutan kebijakan moneter yang sangat akomodatif telah memiliki dampak penting dalam mendukung kepercayaan konsumen.

Masih akan ada beberapa keraguan apakah perbaikan sentimen akan bergerak ke dalam kecepatan yang lebih kuat dari pengeluaran konsumen diragukan atas adanya ketidakpastian politik. Juga akan ada kekhawatiran bahwa perbaikan memiliki konsentrasi yang sangat sempit difokuskan pada Jerman dan kelemahan persisten di negara-negara seperti Italia.

ECB akan mengambil beberapa kenyamanan dari data, tetapi akan mencari bukti pertumbuhan yang berkelanjutan dalam pengeluaran dan peningkatan inflasi.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here