Penjualan Rumah November AS Meningkat Melebihi Ekspektasi

465

Penjualan rumah AS yang ada naik 0,7% ke tingkat tahunan dari 5.61mn untuk November dari revisi turun 5.57mn, yang awalnya dilaporkan sebagai 5.60mn.

Ini adalah sedikit di atas ekspektasi konsensus 5.52mn dan tingkat terkuat sejak Februari 2007.

united-states-existing-home-sales

Penjualan di timur laut naik 8,0% untuk membukukan peningkatan tahunan 15,7%, sementara ada peningkatan bulanan yang kecil di Selatan. Penjualan di Midwest dan Barat keduanya sedikit menurun lebih dari sebulan, meskipun keduanya membukukan peningkatan tahunan sekitar 19,0%.

Harga rumah rata-rata meningkat 6,8% secara tahunan untuk $ 234.900.

Menurut kepala ekonom National Association of Realtors (NAR) Yun, penjualan telah didorong lebih tinggi oleh pasar tenaga kerja yang kuat dan pembelian adalah terkuat di mana pertumbuhan harga telah membaik.

Ada penurunan 8,0% lebih lanjut dalam persediaan perumahan untuk 1.85mn, yang merupakan 9,3% lebih rendah dari bulan November 2015, dan persediaan yang tidak terjual kontraksi untuk pasokan 4,0 bulan dari 4,3 pada bulan Oktober.

Data akan mempertahankan kekhawatiran seputar kurangnya pasokan, yang ditambah dengan masalah keterjangkauan, akan cenderung membatasi penjualan perumahan selama 2017.

Telah ada bukti pembeli bergegas untuk menyelesaikan penawaran di tengah kekhawatiran bahwa suku bunga KPR akan meningkat lebih lanjut dari posisi terendah bersejarah dan peningkatan suku bunga KPR akan cenderung memiliki dampak peredam pada penjualan selama 2017. Hal ini juga mungkin terbukti lebih sulit untuk menerjemahkan meningkatnya optimisme sekitarnya prospek ekonomi menjadi penjualan yang sebenarnya, terutama jika hasil terus meningkat.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang
Image : Vibizmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here