Harga Rumah AS Bulan Oktober Menurun

337

Indeks harga rumah Federal Housing Finance Agency (FHFA) pada Kamis (22/12) naik 0,4% pada bulan Oktober, yang sejalan dengan ekspektasi konsensus, namun melambat dibandingkan kenaikan 0,6% untuk September untuk memberikan kenaikan tahunan 6,2%.

Secara bulanan terjadi penurunan 0,6% di harga untuk wilayah East South Central dengan harga juga menurun di daerah West South Central dengan kenaikan bulanan terbesar di kawasan Mountain 1,2%.

united-states-housing-index

Ada pembacaan tahunan positif di semua divisi dengan wilayah Mountain juga mencatat tingkat pertumbuhan tahunan terkuat di 8,3%. Tingkat paling lambat dari kenaikan itu di Atlantik Tengah pada 3,6%.

Harga sekarang 6,0% lebih tinggi dari sebelumnya tertinggi Maret 2007 dan lebih dari 30% di atas 2011 melalui kuartal pertama.

Secara keseluruhan kepercayaan di sektor perumahan akan tetap kuat dalam jangka pendek, tetapi akan semakin sulit untuk mempertahankan tingkat kenaikan harga rumah, yang mempertimbangkan pertumbuhan pendapatan, terutama karena ada masalah keterjangkauan, yang akan cenderung melemahkan potensi kenaikan harga lebih lanjut.

Meningkatnya imbal hasil obligasi juga akan menimbulkan risiko tambahan untuk pasar, terutama jika ada peningkatan lebih lanjut dalam imbal hasil selama beberapa bulan pertama 2017.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang
Image : Vibizmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here