Optimisme Konsumen Jerman Awal Tahun Depan Diproyeksikan Meningkat

646

Sentimen konsumen Jerman diperkirakan akan mempertahankan momentum positif ke 2017 dibantu oleh prospek ekonomi mantap dan pasar tenaga kerja yang kuat, kelompok riset pasar GfK mengatakan dalam survei bulanan pada Jumat (23/12).

Kelompok riset pasar GfK memperkirakan indeks sentimen ke depan untuk naik hingga 9,9 poin pada bulan Januari dari 9,8 poin pada Desember. Ekonom dalam survei Dow Jones Newswires memperkirakan 9,8 poin pembacaan untuk bulan mendatang.

“Konsumen tampaknya benar-benar kebal terhadap serangkaian faktor risiko, seperti hasil pemilu AS, Brexit, kenaikan dalam krisis keuangan di Italia setelah referendum gagal dan pengunduran diri Perdana Menteri Renzi, dan terus-menerus ancaman teror yang tinggi, “kata GfK. Tampaknya seolah-olah konsumen umumnya menganggap kondisi pasar tenaga kerja sebagai memainkan peran penting dalam keputusan mereka apakah untuk melakukan pembelian, tambahnya.

GfK menggunakan tiga sub-indeks yang merujuk pada bulan berjalan untuk menurunkan angka sentimen untuk bulan mendatang.

Ekspektasi ekonomi sub-indeks naik menjadi 16,4 poin pada Desember dari 15,3 poin pada bulan November sebagai konsumen tidak mengharapkan hasil pemilu AS untuk memiliki dampak langsung pada ekonomi Jerman selama beberapa bulan ke depan.

Ekspektasi penghasilan meningkat menjadi 55,6 poin dari 44,5 poin, didorong oleh “kondisi sangat baik” di pasar tenaga kerja.

Kecenderungan untuk membeli – yang mencerminkan kesiapan konsumen untuk membeli barang-barang besar hingga tiket, jatuh ke 48,0 poin pada Desember dari 51,2 poin pada November, namun tetap pada tingkat “sangat tinggi”.

GfK menegaskan proyeksi belanja konsumen pribadi nyata akan meningkat sekitar 2% pada tahun berjalan 2016.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here