Pesanan Barang Tahan Lama AS Bulan November Anjlok

459
Vibizmedia Photo

Pesanan barang tahan lama AS turun tajam pada bulan November, menyusul ekspansi yang kuat bulan sebelumnya, demikian Departemen Perdagangan AS melaporkan Kamis (22/12).

Pesanan untuk barang-barang manufaktur dimaksudkan untuk tiga tahun terakhir atau lebih menurun 4,6% pada bulan November, menyusul kenaikan 4,6% direvisi ke bawah bulan sebelumnya yang merupakan terbesar di lebih dari dua tahun. Analis dalam estimasi median memperkirakan penurunan sebesar 4,9% dibandingkan dengan Oktober.

united-states-durable-goods-orders

Pesanan barang non-pertahanan ibukota tidak termasuk pesawat, ukuran utama dari rencana pengeluaran bisnis, naik 0,9% setelah kenaikan 0,2% direvisi pada bulan Oktober.

Pengiriman barang modal non-pertahanan tidak termasuk pesawat, yang digunakan dalam perhitungan produk domestik bruto, naik 0,2% pada bulan November. Pembacaan Oktober menunjukkan penurunan 0,3%.

Penurunan keseluruhan November didorong oleh permintaan lebih lembut untuk pesawat sipil, komponen yang sangat volatile di pasar. Pesanan sipil anjlok 73,5% dibandingkan dengan Oktober. Secara keseluruhan, pesanan untuk peralatan transportasi menurun 13,2%, tercepat dalam lebih dari dua tahun.

Tidak termasuk kategori transportasi yang mudah menguap, pesanan baru naik 0,5%, data resmi menunjukkan.

Departemen Perdagangan mengatakan permintaan naik untuk peralatan listrik, peralatan dan produk elektronik.

Pesanan barang tahan lama yang digunakan untuk mengukur kekuatan sektor manufaktur AS, yang mewakili sekitar 12% dari produk domestik bruto (PDB).

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang
Image : Vibizmedia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here